DPR Akhirnya Setujui Hak Angket KPK

7

SULSELSATU.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyetujui permohonan hak angket KPK yang diusulkan oleh anggota Komisi III DPR dalam rapat paripurna di Ruang Sidang Paripurna DPR, Kompleks Senayan, Jumat (28/4/2017).

Fahri yang menjadi Pimpinan Sidang memutuskan hal tersebut setelah mendengarkan pandangan dari salah satu pengusul hak angket Taufiqulhadi, anggota Komisi III dari Fraksi Partai NasDem.

Kemudian, ada perwakilan anggota rapat dari tiga fraksi yaitu PKB, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat, yang menyampaikan pandangannya menolak usulan hak angket KPK itu. Setelah itu, Masinton Pasaribu anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan interupsi.

Dari sini, Fahri mengambil alih rapat setelah interupsi dari Masinton bahkan langsung menyetujui hak angket KPK dilanjutkan. Padahal, masih ada tujuh fraksi yang beum menyampaikan pandangannya tapi sudah diketok oleh Fahri.

“Terima kasih Pak Masinton, keputusan belum kita ambil bapak ibu sekalian. Jangan kita terlalu tegang,” kata Fahri di Gedung DPR dikutip dari INILAHCOM.

Menurut Fahri, hak angket adalah konstitusional. Setelah hak bertanya dilakukan alat kelengkapan masing-masing, ini adalah eksistensi dari penggunaan hak secara konstitusional.

Sampai pada rapat terakhir karena adanya rapat marathon di Komisi III. Semua fraksi ada di sana dan sampai pada kesimpulan dan ditindaklanjuti oleh pengusulan hak angket di rapat pimpinan, bamus.

“Hari ini pandangan sudah disampaikan, tetapi mengatakan dan menanyakan kepada seluruh anggota apakah usul penggunaan hak angket terhadap pelaksanan tugas dan kewenangan KPK yang diatur UU 32 dapat disetujui hak angket,” ujarnya.

Akhirnya, sebagian anggota sidang paripurna ada yang berteriak menyetujui usulan hak angket tersebut. Sehingga, Fahri selaku pimpinan rapat paripurna langsung mengetok palu tanda disetujuinya hak angket KPK untuk dilanjutkan.

“Terima kasih baik kita kira sudah simpulkan penggunaan hak angket, terima kasih telah disetujuinya penggunaan hak angket,” jelas dia.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga