Soal Pilwali Makassar, None : Kalau Ada Putra Daerah, Kenapa Harus Dari Luar?

44
Irman Yasin Limpo, Pilwali Makassar, Pilkada Serentak 2018, None

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo memberikan tanggapan perihal niatan dirinya maju pada Pemilihan Walikota Makassar (Pilwali) 2018 mendatang.

“Orang tidak daftarkan (balon walikota) saja saya hargai, apalagi yang ambilkan formulir pasti saya hormati,” kata None menanggapi pendaftarannya di Partai Gerindra Makassar beberapa waktu lalu, Senin (1/5/2017).

Menurutnya, saat ini dirinya tak berpikir macam-macam mengenai Pilwali Makassar. Hanya saja, None, sapaan akrab Irman YL, berharap agar dinamika demokrasi lahir dari unsur lokalitas budaya masyarakat Makassar.

None menjelaskan, jika lokalitas budaya itu dapat lahir ketika setiap orang merasa sebagai seorang Bugis Makassar.

“Jadi sebenarnya ruang dan tempat wilayah demokrasi kita harusnya diperdahulukan dulu bagi sekuat-kuatnya lokalitas daerah,” terang None.

Lebih jauh, None menuturkan bahwa dirinya ingin dalam momentum Pilwali Makassar, setiap orang yang berlatar suku Bugis dan Toraja diberi hak atau dihargai untuk menjadi pemimpin sebagai orang yang besar di daerah tersebut.

Maka dari itu, adik Gubernur Sulawesi Selatan itu mempertanyakan apakah putra daerah, atau dalam bahasa None “orang-orang lokalitas”, tidak punya kemampuan untuk menjadi pemimpin di Kota Makassar.

“Anda mampu tidak? Kita harusnya mampu. Yah kalau ada putra daerah kenapa harus putra lain? Apakah putra daerah itu berdosa? Kan tidak,” tegas None.

None berpendapat bahwa apa yang disampaikannya tersebut adalah upaya untuk membangun gagasan idealisme tentang kepemimpinan. Sebab menurutnya, jika idealisme yang dia maksud dalam hal ini hak setiap orang berhak untuk menjadi pemimpin di Kota Makassar, maka idealisme itu juga untuk dirinya.

“Yang harus kita bangun dulu adalah idealisme. Untuk apa kita sekolahkan anak kita baik – baik, untuk apa kita sekolahkan anak kita tinggi – tinggi tapi dia tidak punya tempat di daerahnya sendiri,” tutup None.

Penulis : Asrul
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga