Ikut UNBK di SMK 4, SMP Asal Pulau Bayar Puluhan Juta

17
Ujian Nasional Berbasis Komputer, SMK Negeri 4 Makassar, SMP Kepulauan, Gedung PHI

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kepulauan Makassar melakukan dzikir bersama di Gedung PHI, Jalan Laiya, Senin (1/5/2017) malam.

Mereka berkumpul untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan diadakan Selasa, 2-4 Mei mendatang.

Kelima sekolah tersebut antara lain, SMP Negeri 38, SMP Negeri 39, SMP Negeri 41, SMP Negeri 42 dan SMP Negeri 43.

Tidak adanya akses internet dan minimnya sarana berupa komputer membuat lima sekolah di daerah kepulauan itu rela menyeberangi pulau menuju ke Makassar untuk mengikuti UNBK.

Kepala Sekolah SMPN 38 Kodingareng, Nurhayati Tombor, pihaknya mesti mengeluarkan biaya puluhan juta untuk menggelar UNBK di SMK 4. Pihaknya mengeluarkan anggaran sekitar Rp 12 juta.

Dana tersebut terdiri dari Rp 10 juta untuk sewa gedung SMK 4 termasuk komputer, dan Rp 2 juta untuk biaya transportasi.

“Sewa SMK 4 dan komputernya sekitar Rp 10 juta dan sewa kapal serta pete-pete sekitar Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta,” lanjutnya

Hanya fasilitas penginapan dan makan ditanggung Dinas Pendidikan Kota Makassar. Sedangkan, biaya transportasi berupa sewa kapal dan sewa angkutan umum serta fasilitas ujian berupa laboratorium komputer jadi tanggungan pihak sekolah.

“Untuk makan dan asrama, pemerintah yang tanggung. Sementara, biaya transport dan sewa gedung kami yang talangi,” ujar Nurhayati.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga