Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Wafat

7
Manusia tertua, Mbah Gotho saat dirawat di RSUD Sragen/Liputan6.com

SULSELSATU.com, SRAGEN – Sodimejo alias Mbah Gotho menjadi perhatian warga Sragen. Pasalnya Mbah Gotho disebut-sebut sebagai manusia tertua di dunia. Tapi, Minggu (30/4/2017) manusia tertua di dunia tersebut akhirnya menghembuskan nafas terakhir di kediaman pribadinya Dukuh Segaran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah setelah di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soehadi Prijonegoro.

Mbah Gotho wafat diprediksi pada usia 146 tahun. Mbah Gotho harus diopname di RS lantaran kurang asupan gizi dan makanan.

“Simbah mengeluh enggak enak badan, minta dikerokin. Karena biasanya kalau sakit mintanya dikerokin,” ucap Suryanto, cucu Mbah Gotho, ketika itu.

Dalam catatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sragen, Mbah Gotho tercatat lahir pada 31 Desember 1870. Dengan catatan tersebut, Mbah Gotho disebut lahir 7,5 dekade lebih dahulu dibandingkan negara Indonesia.

Meski demikian, sejatinya, tak ada yang tahu betul kapan Mbag Gotho dilahirkan, termasuk keluarganya. Sang cucu, Suryanto, mengatakan tanggal dan tahun kelahiran yang tertera dalam KTP Mbah Gotho, dicantumkan berdasarkan keterangan kakeknya. Saat itu, petugas dari Dukcapil tengah mendata orang-orang sepuh di kampungnya. Singkat cerita, kata dia, Mbah Gotho menyebutkan tanggal 31 Desember kepada petugas.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga