Mengenal Affandi Koesoema, Maestro Lukis Indonesia yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

213
Affandi Koesoema, Google, Google Doodle

SULSELSATU.com – Salah satu maestro seni lukis Indonesia, Affandi Koesoema menjadi muncul dalam Google doodle hari ini, Senin (1/5/2017). Hal ini dilakukan Google untuk mengenang hari lahir yang ke-110 seniman penganut gaya ekspresionisme itu.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, Senin (1/5/2017), Affandi yang dilahirkan di Cirebon pada 1907 adalah putra dari R Koesoema, yaitu seorang mantri ukur di pabrik gula di Ciledug, Cirebon. Ia dikisahkan memiliki pendidikan formal yang cukup tinggi, tapi bakat seninya lebih menonjol.

Sebelum mulai melukis, Affandi pernah menjadi guru, tukang sobek karcis dan pembuat gambar reklame bioskop di Bandung. Pekerjaan ini tidak lama digelutinya karena lebih tertarik pada bidang seni lukis.

Semasa hidupnya, ia telah menghasilkan lebih dari 2.000 karya lukis. Karya-karyanya yang dipamerkan ke berbagai negara di dunia, termasuk di wilayah Asia, Eropa, Amerika maupun Australia, selalu memukau pecinta seni lukis dunia.

Pelukis yang meraih gelar Doktor Honoris Causa dari University of Singapore pada 1974 ini, dalam mengerjakan lukisannya, lebih sering menumpahkan langsung cairan cat dari tabungnya. Kemudian ia menyapukan cat itu dengan jari-jarinya, bermain dan mengolah warna untuk mengekspresikan apa yang dilihat dan dirasakannya tentang sesuatu.

Selama berkarya, Affandi dikenal sebagai seorang pelukis yang menganut aliran ekspresionisme atau abstrak. Makanya, seringkali lukisan Affandi sangat sulit dimengerti oleh orang lain–terutama orang awam tentang seni lukis jika tanpa penjelasan. Namun bagi pecinta lukis, hal itu yang menambah daya tariknya.

Sampai ajal menjemput, Affandi tetap menggeluti dunia lukis sebagai kegiatan yang telah menjadi bagian dari hidupnya. Ia meninggal dunia pada 23 Mei 1990.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga