Aksi 505, GNPF Akan Datangi MA

6

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pengacara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Kapitra Ampera mengatakan pihaknya akan kembali menggelar Aksi Simpatik 505 (5 Mei 2017) di depan Kantor Mahkamah Agung (MA), Jakarta Pusat.

Menurut dia, aksi dilakukan untuk mengawal proses hukum kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan berharap perwakilan massa bisa diizinkan bertemu pimpinan MA.

“Minta MA mengawasi majelis hakim supaya independen dalam memutus perkara penodaan agama,” kata Kapitra saat dihubungi di Jakarta, Selasa (2/5/2017) dikutip dari INILAHCOM.

Ia menjelaskan, aksi Simpatik 505 akan dimulai dengan salat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal. Setelah itu, massa akan bergerak menuju MA.

Menurut dia, aksi ini tak bisa dihalangi oleh siapapun termasuk Polri. Sebab, aksi merupakan hak setiap warga negara dan dilindungi oleh Undang-undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Ini hak konstitusi masyarakat diperintahkan oleh UU, yang tidak boleh kan anarkis. Selama ini kan damai, bukan aksi rusuh,” tandasnya.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga