Peringatan Hardiknas, Kemendikbud Akan Di Demo BEM se-Indonesia

5

SULSELSATU.com, JAKARTA – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang selalu diperingati setiap tanggal 2 Mei, akan dimanfaatkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia untuk menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Aksi itu akan dilakukan dalam rangka untuk menyerukan pemerataan pendidikan oleh pemerintah saat ini di seluruh pelosok Tanah Air.

Koordinator BEM SI Wilayah Jabodetabek-Banten, Ihsan Munawar mengungkapkan sekitar 300 hingga 500 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia akan turut serta dalam demonstrasi tersebut.

“Hasil konsolidasi terakhir kami ingin menyerukan pemerataan pendidikan karena masih ada kesenjangan di berbagai daerah, misalnya bangunan sekolah,” ujarnya, Jakarta dikutip dari INILAHCOM.

Isu pemerataan pendidikan yang rencananya juga akan disampaikan menyangkut kesejahteraan guru yang dinilai belum terpenuhi di seluruh Indonesia serta sertifikasi guru.

Demonstrasi pun juga akan menyuarakan penolakan komersialisasi pendidikan dari tingkat dasar, menengah dan atas dengan masih adanya uang sekolah yang mahal di daerah tertentu.

“Pendidikan dasar, tengah dan atas pembayarannya di daerah itu masih ada pungutan atau tidak, sudahkah diawasi dan dimonitor agar benar-benar tanpa pungutan biaya,” katanya.

Dalam menyampaikan aspirasi tersebut, Ihsan mengatakan kelompok mahasiswa itu tidak akan melakukan long march, melainkan menyerahkan kajian yang disusun oleh BEM-SI tentang catatan agar pendidikan lebih baik.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga