Manfaat Menakjubkan Tertawa untuk Kesehatan

9
Manfaat Tertawa, Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

SULSELSATU.com – Sudahkah Anda tertawa hari ini? Pertanyaan ini sebaiknya Anda jawab, sebab tertawa ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Tertawa bersama orang lain, bukan menertawakan orang lain, bahkan dapat membuat diri kita lebih bahagia. Sebab, otak kita beranggapan bahwa orang yang bisa kita ajak tertawa bersama lebih dekat secara emosi dan menerjemahkan respons sosial tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Menurut konsultan medis yang tergabung dalam situs PilihDokter.com, beberapa manfaat jika orang rajin tertawa, sebagai berikut;

1. Membuat Tubuh Lebih Santai

Hati yang bahagia dan tertawa dapat meredakan ketegangan fisik dan mengurangi rasa stress serta membuat otot-otot di seluruh tubuh anda relaks bahkan sampai selama 45 menit kemudian.

2. Sistem Kekebalan Tubuh

Tertawa dapat menurunkan kadar hormon stress dan meningkatkan sel-sel imunitas dan antibodi yang berfungsi untuk melawan infeksi sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda dan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit.

3. Memicu Pelepasan Endorfin

Endorfin merupakan bahan kimia alami yang diproduksi oleh tubuh dan membuat anda merasa bahagia dan nyaman. Endorfin bahkan dapat meredakan rasa nyeri untuk sementara waktu.

4. Melindungi Jantung Anda

Tertawa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan berbagai gangguan jantung dan pembuluh darah lainnya.

Oleh karena itu, tidak heran bila terapi tawa menunjukkan efek yang luar biasa.

Jadi, sudahkah Anda tertawa hari ini?

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga