KPPU Ingatkan Pemda Tentang Persaingan Usaha

8

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI Nawir Messi mengatakan ada dua masalah dalam lingkup persaingan usaha yang dihadapi saat ini, baik secara nasional maupun daerah.

Hal ini diungkapkan Nawir saat membuka seminar Focus Group Discussion (FGD) Penyelarasan Kebijakan Pemerintah Daerah di Gedung Keuangan Negara II pada Selasa (2/5/2017).

Menurut Nawir, kedua masalah usaha tersebut berasal dari perilaku pelaku usaha yang biasanya diselesaikan dengan pendekatan hukum dan masalah penerapan kebijakan. Lanjut Nawir, untuk masalah persaingan usaha mengenai penerapan kebijakan, penyelesaiannya bisa melalui proses dialog dalam rangka menyelaraskan kebijakan yang telah ditetapkan secara nasional maupun ditingkat daerah.

“Ada 2 sumber masalah didalam lingkup persaingan usaha, yang pertama adalah masalah yang ditimbulkan dari perilaku pelaku dan yang kedua yang biasanya timbul dalam persaingan usaha mengenai kebijakan. Untuk perilaku pelaku usaha biasanya kami selsesaikan dengan pendekatan hukum, nah untuk masalah kebijakan, kami pakai proses-proses dialogis,” terang Nawir.

Hal inilah menurut Nawir, KPPU mengadakan FGD yang bertujuan memberikan informasi pentingnya pemerintah daerah melakukan penyesuaian agar bisnis berjalan secara lancar tanpa kendala, serta menghindari adanya persaingan tidak sehat antar pelaku usaha.

“Hari ini kita melakukan kegiatan yang sifatnya seminar untuk sharing informasi betapa pentingnya pemerintah daerah melakukan penyesuaian agar bisnis berjalan tanpa masalah, tanpa harus memakan satu sama lain”, ujarnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga