Siswa SMP Asal Pulau di Makassar Mesti Simulasi Sampai 3 Kali untuk Ikut UNBK

11
UNBK 2017, SMP Asal Kepulauan, Ujian Nasional Berbasis Komputer

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 178 siswa asal Kepulauan di Kota Makassar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan di Gedung Laboratorium Komputer SMK Negeri 4 Makassar sejak Senin (1/5/2017).

Ujian ini diikuti lima sekolah yang berada di Kepulauan Kota Makassar, yakni SMPN 38, SMPN 39,SMPN 41, SMPN 42 dan SMPN 43 Makassar.

Ratusan siswa ini terpaksa menyeberang lantaran fasilitas di sekolah mereka tak mampu untuk mengadakan UNBK. Komputer dan juga jaringan internet tidak tersedia untuk menunjang pelaksanaan UNBK ini.

Bahkan, sebelum mengikuti UNBK, ratusan pelajar ini mesti melakukan simulasi sampai tiga kali agar mereka bisa beradaptasi dengan ujian bersistem komputer.

Kendati begitu, pelaksanaan UNBK hingga hari kedua berjalan lancar. Namun, dari 183 siswa yang terdaftar, terdapat lima orang siswa yang tidak mengikuti UNBK. Kelima siswa tersebut berasal dari SMPN 38.

Salah satu guru yang ikut mendampingi peserta UNBK, Suhriani menjelaskan, kelima siswa yang tidak mengikuti ujian itu memiliki alasan beragam. Ada yang sakit, menikah dan ada juga yang ikut melaut dengan orang tuanya.

Kelima siswa tersebut, antara lain Salmi dan Asrianti yang tidak ikut lantaran telah menikah. Suardi sedang sakit tipes. Sedangkan, Ardi dan Wahid tak ikut ujian karena ikut orang tuanya melaut.

“Padahal pihak sekolah sudah panggil mereka tapi mereka tetap tidak mau ikut,” ujar Suhriani saat ditemui Sulselsatu.com di Wisma PHI, Jalan Laiya, Makassar, Rabu (3/4/2017).

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga