Mendag Enggar Jamin Stok Gula Aman

8
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/IST

SULSELSATU.com, MEDAN – Kementerian Perdagangan memastikan persediaan gula di produsen, distributor dan pedagang serta Perum Bulog, mencukupi hingga empat bulan ke depan.

“Secara nasional hingga saat ini, stok gula di produsen/distributor gula ada hampir 800 ribu ton dan di Bulog sekitar 400 ribu ton. Stok itu cukup aman dan akan aman sepanjang tahun,” ujar Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan di Medan, Sumatera Utara dikutip dari INILAHCOM.

Dia mengatakan itu usai meninjau pabrik gula PT Medan Sugar Indonesia di Kawasan Industri Medan (KIM). Kata Enggar, stabilitas harga gula semakin terjaga, karena pemerintah sudah menjalankan atau menetapkan harga eceran tertinggi (HET) gula Rp12.500 per kilogram, baik itu di pasar modern dan tradisional.

Enggartiasto menegaskan, pemerintah akan melakukan tindakan tegas seperti penyegelan dan bahkan penyitaan kalau ditemukan kasus penimbunan gula maupun barang pokok lainnya. “Segel baru dibuka kalau gulanya sudah cair. Jadi pengusahanya pasti nggak berani karena akan merugi besar,” ucap Enggar, sapaan akrabnya.

Dia menegaskan, pemerintah tidak main-main dengan ancaman penindakan tegas kepada pengusaha maupun distributor yang nakal. Bagi perusahaan distributor yang tidak mendaftar atau melaporkan stoknya saja, misalnya, bahkan sudah dianggap ilegal.

Editor : Ihwan Fajar

Rekomendasi Berita

Baca Juga