Presiden Jokowi : Pers Buat Demokrasi Lebih Dinamis

5
Presiden Jokowi sesaat usai membuka Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta/Warta Ekonomi

SULSELSATU.com, PAPUA – Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia merupakan rumah dari jurnalisme paling bebas dan berenergi di dunia. Klaim itu disampaikan Presiden Jokowi di 500 jurnalis dari 90 negara dan 1.000 jurnalis lokal dalam perayaan hari kebebasan pers dunia yang jatuh pada Rabu (3/5/2017) hari ini.

Jokowi pun menceritakan bagaimana sulitnya Indonesia pernah menghadapi krisis ekonomi pada 1997. Bahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pernah mencapai 15 persen. Hal itu membuat masyarakat kebingungan dengan masa depan yang semakin tak jelas.

“Tapi krisis itu yang menjadikan Indonesia kuat dan masyarakatnya dinamis,” kata Jokowi, sebagaimana dilansir viva.co.id.

Ia melanjutkan, sejak krisis ekonomi tersebut, perekonomian Indonesia meningkat lebih dari 300 persen. Survei dunia bahkan menunjukkan Indonesia sebagai salah satu di antara masyarakat yang optimis di dunia.

“Saya ingin katakan pada semua, insan pers nasional dan internasional, kita tidak bisa melakukannya tanpa kalian. Sekali lagi, kita tak bisa melakukannya tanpa kalian,” kata Jokowi.

Ia menyebutkan sejak era reformasi, pers yang bebas dan berenergi berperan penting menjadikan pemerintah akuntabel, memerangi korupsi, dan menghibur semuanya.

“Demokrasi dinamis, dan media membuat demokrasi lebih dinamis,” kata Jokowi.

Jokowi menilai saat ini dunia jurnalisme menghadapi tantangan terbesar dalam dunia jurnalistik. Di antaranya hoax, berita bohong, ujaran kebencian, dan munculnya populisme. Lalu banyak juga jurnalis dan penulis yang dihukum di banyak tempat di dunia. Tiap waktu menurutnya tantangan tersebut terus dihadapi.

“Banyak yang mengatakan pada mereka dunia akan segera berakhir. Saya katakan pada mereka, kamu terlalu muda untuk mengingatnya. Kita akan menghadapinya. Kita pernah menghadapinya sebelumnya, dan kita akan melakukannya lagi,” kata Jokowi.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Judas Amir Hadiri Paripurna Pokok-pokok Pikiran DPRD Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo, Judas Amir menghadiri rapat...

UNBK di Jeneponto, 4 Siswa Tak Ikut Karena Sudah Menikah

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer atau...

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Makassar Gelar Workshop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Kota...

Baca Juga