IPI : Pilkada Jeneponto Jadi Pertarungan Iksan Iskandar dan Mulyadi Mustamu

47
Pilkada Jeneponto, Pilkada Serentak 2018, Suwadi Idris, Indeks Politica Indonesia

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pilkada Jeneponto yang akan digelar pada Juni 2018 mendatang diprediksi menjadi pertarungan bupati dan wakil bupati petahana Iksan Iskandar dan Mulyadi Mustamu. Apalagi, keduanya disebut sama-sama ingin maju sebagai bakal calon bupati Jeneponto periode 2018-2023.

Hal itu diungkapkan Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir.

Ia menilai pilkada Jeneponto cendrung menjadi pertarungan keduanya. Sebab, Suwadi melihat hingga Mei 2017 tingkat electoral keduanya paling tinggi.

“Jika parpol merujuk pada hasil survei, maka kemungkinan akan terjadi head to head. Karena, survei elektabilitas Iksan dan juga Mulyadi menempati urutan pertama dan kedua untuk sementara,” katanya, Rabu (3/5/2017).

“Keduanya tinggal mencari pasangan yang tepat, dimana harus memenuhi unsur geopolitik dan basis dukungan massa,” imbuh dia.

Meski begitu, Suwadi menilai akan ada potensi lahirnya kuda hitam, dimana Wakil Ketua DPRD Jeneponto Paris Yasir dan Sekda Jeneponto Muhammad Syarif, Carlos Karaeng Lagu digadang-gadang bakal bertarung di Pilkada Jeneponto.

Sementara bakal calon bupati lainnya, seperti Baharuddin Baso Tika (Nasdem), dan Baharuddin Karaeng Nai sepertinya masih butuh kerja keras untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Suwadi menambahkan, untuk Iksan Iskandar cocoknya menggandeng calon wakil bupati, antara Paris Yasir atau Baharuddin Kr Nai. Sedangkan Mulyadi Mustamu idealnya berpasangan dengan Carlos Kr Lagu atau Muhammad Syarif Patta.

“Jika simulasi pasangan itu terwujud, maka sulit pasangan lainnya bersaing di Pilkada Jeneponto,” tuturnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga