IMMIM Imbau Jaga Toleransi Umat Beragama Jelang Ramadan

4
IMMIM, Ikatan Mesjid Musallah Indonesia Muttahidah, Prof Ahmad M. Sewang, Bulan Ramadan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, Ketua Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mesjid Musallah Indonesia Muttahidah (IMMIM) Prof Ahmad M. Sewang mengimbau kepada seluruh mubaligh/khatib untuk menjaga nilai-nilai toleransi dalam materi ceramah yang akan disampaikan.

Menurut Prof Ahmad, IMMIM menyambut baik seruan Menteri Agama RI tanggal 28 April lalu tentang ceramah/khotbah yang menghasilkan 6 poin.

Keenam poin tersebut, yaitu para mubaligh diimbau menyampaikan dakwah dengan cara yang baik melalui dialog yang saling menghargai. Para mubaligh senantiasa menjaga persatuan, toleransi dan independensi dalam menyampaikan isi ceramahnya. Materi ceramah berisi pencerdasan dan pencerahan kepada jemaah.

“Para pengurus mesjid senantiasa menjaga kesucian mesjid, para mubaligh dan pengurus mesjid diimbau menempatkan kepentingan agama di atas kepentingan golongan/pribadi dan para mubaligh memelihara ukhuwah, menjaga kerukunan dan persatuan umat dan bangsa,” terang Prof Sewang, Kamis (4/5/2017).

Guru Besar Universitas Negeri Alauddin Makassar ini juga mengatakan, IMMIM tidak mengikat mubalighnya dengan materi ceramah tertentu selama bulan Ramadan. Pihak IMMIM hanya menentukan tema ceramah, selanjutnya mubaligh-lah yang mengembangkan tema ceramah .

“Mengenai materi ceramah mubalig selama Ramadan, kami sebagai pimpinan tidak mengikat materi mubaligh kami hanya menentukan tema ceramahnya, kemudian merekalah yang menentukan materinya,” ucapnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga