Seminar Penelitian Sertifikasi Produk Halal

12
Seminar Penelitian Sertifikasi Produk Halal
Seminar Penelitian Sertifikasi Produk Halal

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Balai Litbang Agama Makassar menggelar seminar hasil penelitian dengan tema penelitian “Persepsi Publik Sekolah Terhadap Produk Halal di Kawasan Timur Indonesia” di Hotel Grand Clarion Makassar, Kamis (4/5/2017).

Seminar yang menghadirkan narasumber dari tim Peneliti Litbang Agama Makassar, Kepala Pusat Bimas Agama Dan Layanan Keagamaan  H. Muharram Marzuki , dan Dekan Fakultas Syariah UIN Makassar, Prof. Dr. Darussalam ini dihadiri peserta dari berbagai instansi dan organisasi.

Penelitian yang dilakukan selama 25 hari di Bulan Maret, dilakukan dibeberapa daerah di kawasan Timur Indonesia. Dari hasil acak yang dilakukan, terpilih 5 kota sebagai lokasi penelitian sebagai penyeberangan angket, yaitu Parepare (Sulsel), Palu (Sulteng), Manado (Sulut), Ternate (Maluku Utara), dan Jayapura (Papua).

“Dalam penelitian ini ada 3 tujuan yang hendak dicapai yang pertama, penelitian ini bertujuan untuk melihat respon kognitif siswa terhadap produk halal, kedua, mendeskripsikan respon efektif siswa terhadap produk halal, dan yang ketiga, mendeskripsikan respon konatif siswa SLTA di perkotaan di Kawasan Timur Indonesia tentang produk halal,” ujar Sabara selaku koordinator peneliti.

Lebih lanjut, menurut Sabara, “Dari hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti menemukan respon terhadap produk halal menujukkan tingkat pengetahuan yang cukup tinggi pada rata-rata responden. Namun, masih lebih banyak yang tidak mengetahui bahan-bahan terkandung serta pertimbangan dalam memberikan sertifikat halal,” katanya.

Tim peneliti juga menemukan sebagian besar responden mengetahui tentang logo halal namun masih kurang yang mengenal dan membedakan logo halal dari MUI dengan yang lainnya.

Penulis : Abdul Kadie Jaelani

Editor : Kink Kr

Rekomendasi Berita

Baca Juga