Antisipasi Kemacetan di Bulan Ramadan, Pemkot Bakal Latih Juru Parkir

5
Parkir Liar, Bulan Ramadan, Dinas Perhubungan Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar berencana melakukan bimbingan kepada juru parkir yang ada di Makassar jelang masuknya bulan Ramadan.

Direktur Utama (Dirut) PD Parkir, Irianto Ahmad menyebut juru parkir ini akan dilatih untuk ikut serta mengurai kemacetan di lokasi rawan macet.

“Pelatihan ini kami lakukan untuk memaksimalkan kerja juru parkir di titik rawan macet,” katanya, di sela diskusi penataan perparkiran jelang bulan Ramadan di Celebes Cafe, Jalan Arif Rate, Makassar, Kamis (4/5/2017).

Pihak PD Parkir mengaku telah memiliki data lokasi titik rawan kemacetan di Makassar. Salah satu ruas jalan yang sering mengalami kemacetan saat Ramadan adalah di wilayah Jalan Pengayoman.

Untuk itu, Irianto mengatakan, pihaknya akan memberikan memberikan pengarahan kepada seluruh juru parkir resmi agar kemacetan ini bisa diatasi.

“Sebelum Ramadan, kami akan melakukan bimbingan kepada jukir dan mememberinya sertifikasi,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Andi Asminullah Azis Taba mengatakan, parkir liar yang kerap hadir di tiap bulan Ramadan akan ditertibkan. Hal ini dilakukan untuk menghidari kemacetan di jam-jam sibuk, seperti buka puasa dan salat Tarwih.

“Di jam-jam seperti itu rawan macet, karena orang mau siap-siap untuk buka puasa dan shalat tarwih,” katanya.

Untuk melakukan penertiban ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Polrestabes Makassar. Tim yang dibentuk nantinya akan mengontrol parkir liar di area larangan parkir.

“Kami akan bekerjasama dengan kepolisian untuk mengontrol parkir liar ini yang kerap meresahkan masyarakat,” ujarnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga