E-Government Solusi Turunnya Indeks Prestasi Korupsi di Indonesia

14
Komisi Pemberantasan Korupsi, Alexander Marwata, E-Goverment

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengatakan jika KPK terus mendorong e-Government dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat.

Karena, menurut Alexander, sistem pelayanan pemerintahan berbasis online dinilai dapat menjalankan pelayanan yang cepat. Sedangkan, pada pelayanan yang cepat akan menutup keran korupsi maupun gratifikasi.

“Contoh dalam dunia bisnis, proses e-planning, e-budgeting akan menjadi acuan mengurangi perilaku korupsi. Sebab terjadi transparansi, setiap waktu dapat terpantau,” ujar Alexander usai membuka Rakor Pemberantasan Korupsi di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumiharjo, Kamis (4/5/2017) kemarin.

“Meskipun sebenarnya belum pasti menjamin tidak ada korupsi, tapi bisa terjadi transparansi,” tambahnya lagi.

Alexander menganggap bahwa sistem e-Government merupakan salah satu tolak ukur sistem pemerintahan yang baik. Karena menurutnya, jika sistem pelayanan pemerintahan itu baik, maka secara otomatis akan menurunkan indeks prestasi korupsi di Indonesia

“Turunnya indeks prestasi korupsi tidak hanya dilihat seberapa banyak orang yang kita penjarakan, tetapi bagaimana pemerintah memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga