15.000 Personil Bakal Amankan Aksi 5 Mei

6
Aksi 5 Mei, Polda Metro Jaya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pihaknya menyiagakan belasan ribu personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) di Gedung Mahkamah Agung hari ini, Jumat (5/5/2017).

Personel pengamanan tersebut terdiri dari unsur Polri, TNI dan Satpol PP.

“Ada 15.000 personel yang kita terjunkan. Itu belum termasuk personel yang kita stand by,” ujar Argo saat dihubungi, Jumat.

Argo menambahkan, berdasarkan surat pemberitahuan yang masuk ke Polda Metro Jaya akan ada 10.000 orang yang mengikuti aksi 5 Mei ini atau dikenal dengan aksi 55. Nantinya, massa akan berjalan kaki dari Masjid Istiqlal menuju Gedung MA.

“Kami berharap massa dalam melakukan aksinya tetap sesuai dengan koridor-koridor yang sudah ditentukan,” ucap dia.

Argo meminta masyarakat lainnya tidak khawatir dengan adanya aksi tersebut. Sebab, pihak kepolisian akan mengawal aksi itu agar tetab tertib.

“Kami mengharapkan tidak adanya (massa) turun ke jalan atau long march karena bisa mengganggu ketertiban umum,” kata Argo.

Argo mengatakan, pihak kepolisian siap memfasilitasi massa jika tidak jadi turun ke jalan. Polisi akan menjadi fasilitator agar perwakilan MA mau menemui perwakilan massa.

“Kami memberikan solusi ada perwakilan ada peserta aksi untuk menuju ke gedung MA. Nanti polisi memfasilitasi, nanti kami siapkan kendaraan untuk diantar ke gedung MA,” ujarnya.

GNPF dalam aksinya itu rencananya akan menuntut agar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dihukum seberat-beratnya dalam kasus dugaan penodaan agama.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Nurdin Amir Terpilih Ketua AJI Makassar, Ini Pesan Direktur PerDIK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur Pergerakan Difabel Indonesia Untuk Kesetaraan...

Troy Optimis NasDem Dapat Dua Kursi di Dapil Bulukumba dan Sinjai

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pertarungan perebutan kursi DPRD Sulsel di...

Rapat Umum Perdana, Surya Paloh Dorong Semangat Persatuan

SULSELSATU.com - Partai NasDem mendorong kepada seluruh kader dan simpatisannya...

Baca Juga