Wow! Facebook Raup Pemasukan Fantastis Hanya dalam 3 Bulan

20
Facebook, Mark Zuckerberg, WhatsApp, Snapchat
Bos Facebook Mark Zuckerberg (int)

SULSELSATU.com – Facebook berhasil meraup pemasukan yang sangat fantastis hanya dalam kurun waktu tiga bulan. Bayangkan saja, pendapatan perusahaan penyedia jasa layanan jejaring sosial ini mencapai 8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 106 triliun hanya dalam kurun waktu dari 1 Januari hingga 31 Maret 2017.

Angka itu naik 49 persen dari pendapatan tahun lalu pada periode yang sama.

Keuntungannya sendiri menanjak ke angka 3 miliar dollar AS alias Rp 40 triliun dalam satu kuartal saja. Keuntungan itu tumbuh 76 persen dan mayoritas berasal dari iklan mobile.

Jejaring sosial tersebut berhasil memberikan celah bagi pengiklan untuk mempromosikan produk dan jasa via berbagai fitur di dalam Facebook. Misalnya saja lewat linimasa secara umum, video dan live video, Pages, hingga Messenger.

“Saya rasa pada tahap ini kami jauh memimpin,” kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/5/2017).

Facebook memang gencar berinovasi untuk memelihara minat penggunanya, sehingga pundi-pundi kasnya juga cepat terisi. Belakangan, layanan itu agresif berinvestasi di video 360 dan teknologi augmented reality.

Selain Facebook sebagai perusahaan induk, anak-anak bisnisnya seperti Instagram dan WhatsApp juga tumbuh signifikan dalam bisnis. Beberapa minggu lalu, Instagram mengumumkan pengguna fitur Stories tembus angka 200 juta. Angka itu lebih tinggi dari pengguna Snapchat yang notabene adalah layanan orisinal yang kemampuannya dicaplok Facebook.

Selain di Instagram, kemampuan ala Snapchat juga diimplementasikan pada WhatsApp. Hasilnya lagi-lagi memuaskan. Facebook mengumumkan fitur Status di WhatsApp yang mirip Snapchat kini sudah digunakan 175 orang.

Facebook juga melaporkan bahwa pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) saat ini hampir menyentuh angka 2 miliar, tepatnya 1,94 miliar. Angka itu dihimpun per 31 Maret 2017 atau pada penutupan kuartal pertama tahun ini.

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, MAU Facebook bertambah sekitar 300 juta orang.

Selain MAU, Facebook juga mengumbar pengguna aktif harian atau kerap disebut daily active user (DAU). Hingga penutupan kuartal pembuka 2017, Facebook rata-rata diakses 1,28 orang setiap harinya.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Judas Amir Hadiri Paripurna Pokok-pokok Pikiran DPRD Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo, Judas Amir menghadiri rapat...

UNBK di Jeneponto, 4 Siswa Tak Ikut Karena Sudah Menikah

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer atau...

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Makassar Gelar Workshop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Kota...

Baca Juga