Ini Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

3
Ini Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak
Ini Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak
SULSELSATU.com – Sembelit pada balita seringkali disebabkan konsumsi susu yang berlebihan, kurang serat dalam pola makan, dan rendahnya asupan cairan atau sering menunda buang air besar.Orang tua dapat melihat gejala sembelit pada anak dengan mudah. Antara lain, anak mengalami kesulitan saat buang hajat, anak tidak buang air besar selama lebih dari satu hari, dan tekstur faeses keras.

Setelah dapat mengidentifikasi bahwa Si Kecil menderita sembelit, ikuti beberapa tip dari laman Boldsky ini untuk mengatasinya:

1. Beri minum yang cukup
Jika si Kecil menyerap air dalam jumlah sedikit, berikan ia frekuensi minum yang lebih banyak dengan porsi yang cukup. Ketika buang air kecil, periksa warna urinnya. Jika berwarna gelap, artinya anak membutuhkan lebih banyak air.

2. Aktivitas

Biarkan anak bermain. Tubuh anak harus banyak bergerak, seperti melompat, berlari dan tetap aktif. Aktivitas fisik dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan baik.
3. Makanan berserat
Mengkonsumsi serat dapat melalui buah-buahan, roti gandum, sayuran maupun agar-agar.4. Hindari makanan yang mengakibatkan konstipasi
Ketika buah hati sedang sembelit, hindari mengkonsumsi yoghurt, keju, pisang, wortel dan nasi untuk sementara.

5. Batasi susu
Terlalu banyak mengkonsumsi susu dapat menyebabkan anak sembelit. Berikan susu dalam porsi cukup, tidak lebih dari 3 gelas per hari.

6. Buat jadwal buang air
Buat jadwal anak untuk buang air besar. Cara ini dapat mengurangi kemungkinan menderita sembelit.

Sumber : Tempo. co

Editor : Kink Kr

Rekomendasi Berita

Baca Juga