AGH Sanusi Baco : Dai Harus Jaga Toleransi Saat Berdakwah

5
Universitas Negeri Alauddin Makassar, Bulan Ramadan, AGH Sanusi Baso, KH Jalaluddin Sanusi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel AGH Sanusi Baco mengapresiasi kegiatan upgrading dai yang diadakan oleh Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Dakwah dan Komunikasi di Rujab Walikota Makassar Jalan Penghibur, Sabtu (6/5/2017).

Sanusi Baco mengungkapkan, pentingnya melakukan bimbingan dan pelatihan untuk menambah kualitas para dai, utamanya menjelang Ramadan.

“Para calon dai seharusnya memang dilatih sebelum turun berdakwah. Apalagi dalam mengisi ceramah saat Ramadan, materi yang dipaparkan nantinya harus yang berkualitas,” tuturnya.

Sanusi Baco melanjutkan, para dai juga harus menjaga sikap toleransi dan tidak terlalu fanatik terhadap paham yang dianut. Ia juga mengimbau para dai untuk tidak memasukkan isu sara dalam berdakwah yang bisa memicu perpecahan antar umat beragama.

“Dai harus menjaga toleransi saat berdakwah. Mereka sebisa mungkin harus menghindari memasukkan isu-isu SARA saat memaparkan materi dakwahnya,” lanjutnya

Hal senada diungkapkan Wakil Sekretaris Umum IKA FDK UIN Ilham Hamid, ia mengatakan tujuan diselenggarakan upgrading dai ini adalah untuk menekankan pentingnya sikap toleransi antar ormas Islam, juga antar umat beragama, terutama selama bulan Ramadan.

“Dalam pelatihan ini kita menekankan pentingnya sikap toleransi dalam beragama. Apalagi akhir-akhir ini kita diramaikan dengan isu-isu SARA yang bisa menimbulkan perpecahan,” terang staf ahli rektor UINAM yang juga alumni kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini.

Sebanyak 200 aktivis mahasiswa lintas organisasi yang mengikuti pelatihan dai tersebut. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Dekan FDK Dr. Rasyid Masri, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Syamsiah YT, para Ketua dan Sekretaris Jurusan FDK serta para staf pengajar Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINAM.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga