Kualitas Rasa dan Aroma Kopi Harus Dipertahankan

16

SULSELSATU.com, TORAJA UTARA – Bertempat di Gereja Kerapatan Pantekosta , Lembang (Desa) Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara’, Kepala Dinas Pertanian, Daud Pongsapan bersama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (MGO) dari luar negeri yang berkecimpung dalam bidang pengembangan pertanian kopi mengadakan sosialisasi bersama dengan para kelompok tani kopi yang berasal dari beberapa lokasi seperti , Baruppu, Pangngala, Lo’ko’ Ulu dan Tonga Riu , Kamis (04/05/2017) sore.

Dalam sosialisasi tersebut Daud Pongsapan mengungkapkan bahwa biaya perawatan kopi baiknya dikurangi, kemudian hasil produksi ditingkatkan tapi tetap mengutamakan kualitas rasa dan aroma. Hal ini perlu dilakukan demi kesejahteraan petani kopi di Toraja Utara untuk menghasilkan dan meningkatkan sumber daya dan pendapatan.

“Demi mendorong petani kopi untuk mengembangkan kopi toraja, Pemerintah Daerah , dalam hal ini Dinas Pertanian akan memfasilitasi petani kopi dengan menyediakan penyuluh pertanian, memberikan bantuan berupa bibit kopi dan alat pemangkas pohon kopi,” imbuhnya.

Senada dengan hal itu, Carl , salah satu anggota Lembaga Swadaya Masyarakat yang berasal dari Jerman mengatakan bahwa Toraja Utara sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat membudidayakan kopi toraja karena tanah dan cuacanya sangat baik.

Carl juga menambahkan bahwa kopi toraja tentunya bisa bersaing di pasar dunia dengan cara membentuk koperasi dan mengelola kopi itu secara pribadi. Mulai dari menanam, memanen , mengemas hingga mengekspor keluar negeri dengan merek kopi toraja itu sendiri.

Citizen Report: Oscar Sibala – Amos Rapang
Editor: Elard

Rekomendasi Berita

Baca Juga