Dishub Ungkap Alasan Danny Gunakan Dana Pribadi untuk Pembuatan Pete-Pete Smart

21
Pete-pete Smart, Danny Pomanto, Walikota Makassar, Salasa Albert, Supratman

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Bidang Moda Transportasi Dinas Perhubungan Kota Makassar Faisal Majid mengakui jika anggaran untuk pembuatan Pete-pete Smart ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Jumlah anggaran yang disepakati oleh Komisi C DPRD Makassar kala itu mencapai Rp 1,35 miliar.

“Anggaran pengadaan Pete-pete Smart sebesar Rp 1,35 miliar untuk layanan transportasi publik memang telah mendapat persetujuan Komisi C,” katanya, kepada wartawan di sela konferensi pers yang digelar, Senin (8/5/2017).

Hanya saja, Faisal menceritakan, saat itu tidak ada satu pun perusahaan yang ingin mengikuti proses lelang yang dilakukan Unit Layanan Pengadaan (ULP). Dari 15 perusahaan yang telah mendaftar, tak satupun yang mengembalikan berkas pendaftarannya selama proses lelang yang dilakukan sejak tanggal 15 – 21 Juni 2016.

Hal yang serupa terjadi pada lelang tahap II yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 27 Juni 2016. Sebanyak 9 perusahaan yang telah mendaftar juga tidak mengembalikan formulir pendaftarannya.

“Karena belum ada perusahaan yang berani mengambil tender pada proyek tersebut, maka Pak Wali berinisiatif untuk membuat transportasi publik yang nyaman dan aman dengan menggunakan dana pribadinya,” kata Faisal.

Pete-pete Smart yang dibuat dari duit pribadi Danny Pomanto itu pun, lanjut Faisal, digunakan sebagai percontohan transportasi publik yang menurut Danny sejak 2007 angkutan kota tidak pernah mengalami peremajaan.

“Kita semua tahu sejak 2007 angkutan kota tidak pernah mengalami peremajaan,” tuturnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga