Gagal Naik Podium di GP Spanyol, Rossi : Saya Beruntung Bisa Finish

25
Valentino Rossi, Rossi, MotoGP, Yamaha, Yamaha Movistar, Italia, Vinales, MotoGP Qatar, Maverick Vinales, Yamaha YZR- M1 2017, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu
Valentino Rossi. (INT)

SULSELSATU.com – Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi tercecer di urutan ke-10 pada GP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017). Ini merupakan catatan terburuk Rossi di lintasan kering sejak GP Belanda di Sirkuit Assen 2012.

“Saya beruntung bisa finis. Akhir pekan yang sangat sulit, dan jujur saja balapan yang sangat sulit di sini,” kata Rossi setelah balapan, dikutip dari Kompas.com, Senin (8/5/2017).

“Kami tidak menyangka (akan seperti ini). Kami berharap akan bisa lebih kuat, lebih kompetitif, terutama jika melihat hasil beberapa tahun terakhir di Sirkuit Jerez,” ujar pebalap 38 tahun tersebut.

Musim lalu, Yamaha sangat mendominasi balapan GP Spanyol. Rossi keluar sebagai pemenang, sementara rekan satu timnya kala itu, Jorge Lorenzo, finish di urutan kedua.

Rossi datang ke Sirkuit Jerez dengan status sebagai pimpinan klasemen. Dia juga tercatat sudah tujuh kali meraih gelar juara di Sirkuit Jerez di kelas premier pada 2001, 2002, 2003, 2005, 2007, 2009 dan 2016.

Rossi juga menjadi kampiun saat membalap di kelas 125cc pada 1997 dan kelas 250cc pada 1999.

“Saya tidak bisa bicara soal degradasi ban, karena saya tidak pernah mendapatkan cengkeraman. Saya banyak mengalami spin, seperti saat kualifikasi, dan saya mengalami degradasi ban setelah 10 putaran,” ujar Rossi.

“Kami sudah mencoba sesuatu, tetapi kami selalu kesulitan. Mengapa? Saya tidak tahu. Di trek ini biasanya memang sering terjadi spin, terutama beberapa tahun terakhir. Namun, kali ini kami lebih kesulitan,” kata dia lagi.

Pada sesi pemanasan yang berlangsung Minggu pagi sebelum balapan, Rossi berada di urutan ke-9. Setelah itu, dia memutuskan untuk mencoba set-up baru saat balapan.

“Mudah untuk mengatakan bahwa kami telah melakukan kesalahan. Kami mengambil risiko, tetapi kami harus mencoba karena saat sesi pemanasan saya cuma berada di urutan ke-9,” kata pemilik sembilan gelar juara dunia tersebut.

“Saya tadinya berpikir bahwa dengan setting baru kami bisa mencoba sesuatu yang lebih baik. Kami berpikir akan bisa menjalani balapan dengan bagus, tak hanya lebih baik. Namun, itu tidak berhasil,” ujar Rossi.

Rossi kembali menjelaskan bahwa sepanjang akhir pekan di Sirkuit Jerez, dia selalu mengalami masalah ban dan tidak mendapatkan cengkeraman. Ban-nya sering mengalami spin yang membuat segala sesuatu jadi lebih sulit.

Kendati gagal naik podium, Rossi saat ini masih menguasai klasemen sementara pebalap dengan koleksi 62 poin, hanya unggul dua angka atas Vinales yang berada di urutan kedua.

Persaingan para pebalap akan dilanjutkan pada seri GP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, 19-21 Mei.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga