Jangan Canggung Negosiasi Gaji dengan Atasan

9
Terkait Pungli di Rutan, Menteri Yasonna: Ini Perilaku Biadab
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com – Ragu menegosiasikan gaji kamu kepada atasan? Jangan khawatir perasaan canggung itu normal. Menurut penelitian yang dikumpulkan oleh PayScale, 28% responden survei mengaku tidak pernah meminta kenaikan gaji untuk alasan yang tepat.

Selanjutnya 19% bahkan tidak mencoba karena mereka tidak ingin dianggap sebagai orang yang memaksa. Tapi kenyataannya adalah bahwa “75% orang yang meminta kenaikan gaji, mendapatkan kenaikan”, berdasarkan Panduan Negosiasi Gaji PayScale.

Kenaikan gaji kamu tidak akan datang dalam semalam, tapi kabar baiknya adalah bahwa menjadi sabar, mempersiapkan diri dan bekerja keras kemungkinan besar kenaikan gaji akan mengikuti. Untuk menegosiasikan gaji Anda dengan sukses, Open Collages merekomendasikan untuk mengetahui kapan ulasan kinerja berikutnya dan gunakan periode itu untuk menunjukkan bahwa Anda adalah aset hebat bagi tim.

Ini adalah lima hal yang dapat Anda lakukan untuk melakukan negosiasi ulang pembayaran bulanan Anda:

1. Jadilah yang tak tergantikan

Di pasar yang berubah-ubah hari ini, kamu perlu untuk terus mengembangkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan untuk membedakan diri kamu dari kompetisi. Setelah beberapa tahun pengalaman profesional, temukan area dalam keahlian kamu yang di mana kamu bisa bersinar dan lakukan langkah yang tepat untuk melakukannya.

2. Teliti kemungkinan kenaikan gaji kamu

Memiliki kemampuan luar biasa dan menonjol dari kompetisi sangat penting namun tidak cukup, kamu harus memiliki pemahaman yang jelas tentang peluang gaji Anda. Untuk melakukannya gunakan alat untuk meneliti kisaran gaji kamu. Beberapa yang bisa dipakai sebagai acuan adalah:

– PayScale.com, database profil gaji terbesar di dunia untuk mengetahui berapa harganya.

– Alat penelitian gaji di CareerBliss.com dimana kamu bisa mencari berdasarkan jabatan atau perusahaan untuk mencari informasi gaji

– Salary.com, seorang pemimpin dalam data kompensasi melaporkan gaji di Amerika Serikat dan Canada.

– Situs pekerjaan raksasa GlassDoor.com, yang juga menawarkan informasi gaji anonim untuk pekerjaan atau perusahaan nyata.

Begitu kamu tahu berapa besar kisaran gaji, sekarang kamu berada pada posisi yang lebih baik untuk bertemu dengan manajer dan menegosiasikan ulang gaji. Meskipun demikian, kamu masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan sebelum memulai bernegosiasi.

3. Kenali perusahaan luar dan dalam

Setiap bisnis berbeda-beda, beberapa perusahaan memiliki batasan mengenai kenaikan gaji di posisi yang sama. kamu mungkin saja mempertimbangkan untuk meminta promosi jika itu lebih layak dilakukan, dengan mempertimbangkan budaya perusahaan atau kebijakan dan peluang potensial yang kamu punya.

4. Bangun strategi negosiasi

Sekarang setelah Anda mengembangkan keterampilan yang tepat, kumpulkan informasi tentang berapa banyak yang layak Anda dapatkan, dan pertimbangkan pengalaman rekan Anda, gunakan semua pengetahuan itu untuk menciptakan strategi negosiasi kamu.

Sedikit trik untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda selama wawancara adalah dengan menuliskan argumen utama kamu dan perlu berlatih dengan keras terlebih dahulu.

Beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan:

– Menjadi realistis, mintalah jumlah yang sedikit lebih tinggi daripada yang diharapkan memberi ruang untuk dinegosiasikan

– Pastikan Anda berbicara dengan orang yang tepat, yang menentukan apakah Anda mendapatkan kenaikan gaji atau tidak!

5. Praktekkan strategi kamu

Mendapatkan waktu yang tepat sangat penting untuk mencapai kenaikan gaji, jadi pastikan itu adalah saat terbaik untuk mengatur pertemuan dengan atasan. Pertimbangkan situasi keuangan perusahaan atau tim.

Selamat bernegosiasi gaji! 🙂

Sumber : bondanita. com
Foto : Int
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga