Kesbangpol Sulsel Tunggu Putusan Resmi Pembubaran HTI

7
Hizbut Tahrir Indonesia, HTI, Kebangpol Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Kesatuan Bangsa dan Politik Sulsel, HM Hardi Sanusi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat penyampaian pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ia mengaku baru mendapatkan informasi ihwal pembubaran HTI melalui media massa.

“Itulah kita tunggu di daerah. Seperti apa kelanjutan dari pada upaya pemerintah dalam membubarkan HTI,” kata Hardi saat ditemui di Hotel Clarion Makassar, Selasa (9/5/2017).

Hardi mengatakan jika dalam Undang-Undang, pembubaran suatu ormas memang harus melalui pengadilan. Oleh karena itu, pihaknya masih akan menunggu keputusan resmi pengadilan.

Pihaknya hanya akan menunggu pembuktian pengadilan apakah HTI memang terbukti melanggar sebagaimana yang disampaikan oleh Menkopolhukam Wiranto yang menyebut dasar pembubaran HTI karena dianggap melanggar Pancasila dan UUD 1945.

“Tinggal nanti bagaimana pembuktian di pengadilan, apakah HTI ini memang melanggar apa tidak. Kita menunggu saja dari pusat,” ujarnya.

“Apabila suatu organisasi dibubarkan, otomastis sampai di daerah pembubarannya,” tambahnya.

Hardi menegaskan, pemerintah akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku apabila HTI telah resmi dibubarkan, namun masih melangsungkan aktivitas organisasinya.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga