Terkait Dana Desa, Kajari Barru: Kami Punya TP4D untuk Mengawasi

26
Kajari Barru
Kajari Barru

SULSELSATU.com, BARRU – Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Barru, Paian Tumanggor, mengatakan tidak akan tinggal diam melihat program penggunaan Dana Desa yang ada di Kabupaten Barru, yang mana Dana Desa ini terbilang tinggi dalam segi pengelolaan.

Dia mengaku kalau hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk pengawasan penggunaan Dana Desa sehingga proses pencairan dan pengelolaan desa tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kita tidak ingin ada aparatur desa yang menggunakan dana tersebut diluar dari pelaksanaannya yang bisa saja berdampak pada proses hukum,”ujar Paian Tumanggor.

Dalam pengawasan tersebut, kata Paian pihaknya akan intens melalukan pendampingan dan pengawasan. Proses pendampingannya akan mengacu pada rencana pemerintah pusat yang cukup besar dari tahun sebelumnya.

“Dana Desa tahun ini akan lebih banyak dari tahun sebelumnya, sehingga kami membutuhkan konsep tersendiri dalam melakukan pengawasan dan pengelolaan Dana Desa tersebut,” katanya.

Untuk pengawasan nantinya pihak Kejaksaan Negeri Barru akan menggunakan pendampingan hukum melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang dikeluarkan Kejaksaan Agung.

“Kami di Kejaksaan punya TP4D yang akan menjadi sektor konsultasi kepada setiap aparatur desa dan bahkan aparatur daerah yang ada di Kabupaten Barru,” ujarnya.

Bukan hanya itu, bahkan peran TP4D sendiri bukan hanya melakukan pengawalan pada APBN namun juga mengawasi dan konsultasi hukum terkait penggunaan APBD.

“Termasuk APBD kami bisa juga lakukan pengawasan melalui TP4D ini, berdasarkan instruksi Kejagung, kita diminta untuk terlibat langsung dalam pelaksanaannya, sehingga kedepannya semua progres tidak lagi menyalahi aturan yang ada,” kata Paian.

Penulis : Arsyad
Editor : Arput Rh

Terkait Dana Desa, Kajari Barru: Kami Punya TP4D untuk Mengawasi 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga