Syaharuddin Alrif Ajak Mahasiswa Berperan Aktif Kawal Pendidikan

30
Syaharuddin Alrif, Universitas Muhammadiyah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif mengajak mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam mengawal perkembangan pendidikan, khususnya di Sulsel.

Hal itu disampaikan Sahar, sapaan Syaharuddin Alrif, saat berdialog dengan mahasiswa pada seminar pendidikan yang digelar BEM Nusantara se-Sulawesi di Unismuh Makassar, Rabu (10/5/2017)

“Kami di legislatif tugasnya mengawal pendidikan khususnya di Sulsel, tapi kami harap juga mahasiswa ikut berperan didalamnya,” ujar Sekretaris DPW Nasdem Sulsel ini.

Menurut Sahar, saat ini kebijakan pemerintah pusat dengan UU Nomor 23 Tahun 2013 telah membagi kewenangan Pendidikan, yaitu SD, SMP untuk kabupaten/kota, dan pendidikan SMA serta SMK untuk Pemerintah Provinsi dan Pendidikan Tinggi diurusi oleh pemerintah pusat.

“Sehingga dengan kebijakan ini, maka secara otomatis kebijakan program bantuan pendidikan gratis dan bantuan semester 1 dan 2 gratis untuk mahasiswa Sulsel dihapuskan,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Syahar, Perda No 2 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan pendidikan di Sulsel telah berlaku dan bisa menjadikan pengelolaan pendidikan lebih baik dari sebelumnya.

Diketahui, seminar dengan tema “Mengembalikan Marwah Pendidikan Berkarakter dan Berkemajuan Menuju Kebangkitan Nasional” ini diikuti oleh 150 peserta, perwakilan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sulsel.

Turut hadir sebagai narasumber, yakni, Syaharuddin Alrif, Kepala Dinas Pendidikan Irman Yasin Limpo, Kabid Manajemen GTK Pantja Nurwahidid, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unismuh Erwin Akib, Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Sulsel Khaeruddin.

Penulis : Ramdhan Akbar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga