Hingga Mei, Serapan APBD Parepare Masih Rendah

11
Kota Parepare, APBD Parepare, Penyerapan APBD, Parepare
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Parepare masih sangat rendah. Hingga kini serapan anggaran untuk belanja langsung baru capai 8,51 persen atau kurang lebih 9 persen. Sementara, belanja tidak langsung ditambah gaji baru 13,22 persen.

Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, Bustan yang dihubungi mengatakan, jumlah APBD tahun 2017 mencapai Rp 1 triliun lebih. Namun, sampai bulan Mei ini serapannya masih sangat minim.

“Untuk belanja langsung baru mencapai 8,51 persen, sedangkan tidak langusng ditambah gaji baru mencapai 13,22 persen. Artinya, belanja gaji dan tidak langsung lebih tinggi dibanding belanja langsung,” kata Bustan, Rabu (10/5/2017).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare, Iwan Assad menjelaskan, rendahnya tingkat penyerapan anggaran ini disebabkan oleh lambannya pelaksanaan kegiatan di tiap SKPD. Sebab menurutnya, sisi perencanaan kegiatan tahun 2017 tidak ada masalah, apalagi perencanaan yang berat itu sudah selesai sejak tahun 2016 lalu.

“Rendahnya serapan tergantung lambatnya kegiatan dari SKPD,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, kegiatan pada triwulan pertama memang didominasi perencanaan di setiap SKPD. Namun, ada juga kegiatan yang sudah berjalan.

“Contohnya di Bappeda, kegiatannya sudah berjalan. Seperti kegiatan Musrenbang,” ujarnya.

“Makanya yang perlu dilakukan segera melakukan pengusulan lelang. Lagi-lagi kembali ke SKPD,” imbuh Iwan.

Penulis : Arsyad
Editor : Awang Darmawan

Hingga Mei, Serapan APBD Parepare Masih Rendah 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga