Wow! Air Kencing Pengunjung Festival Musik Diolah Jadi Bir

12
Bir, Air Kencing Diolah Jadi Bir

SULSELSATU.com – Salah satu produsen bir di Denmark mengumpulkan 50.000 liter urine pengunjung festival festival terbesar di Eropa Utara untuk diolah menjadi bir enak. Bagaimana bisa?

Sebenarnya hal ini telah dilakukan tahun lalu di sebuah festival musik di Ghent. Tim peneliti mengumpulkan 1.000 liter air yang didapat dari urine pengunjung festival selama 10 hari. Tujuannya membuat bir baru bagi peminum berjiwa petualang.

Kini mereka menggunakan air kencing tersebut untuk membuat bir. Bir tersebut dinamai “Pisner”, sebuah permainan kata yang menggabungkan bir Pilsner dengan bahasa slang lokal untuk urine.

Reuters (5/5/2017) menyebutkan bahwa bir tidak mengandung limbah buangan manusia. Hanya saja bir diproduksi dari ladang malting barley yang dipupuk dengan urine manusia. Bukan kotoran hewan atau nutrisi tanaman buatan pabrik seperti biasanya.

“Ketika keluar berita kami mulai membuat Pisner, banyak orang berpikir kami menyaring urin lalu menaruhnya langsung dalam bir. Kami tertawa karena itu,” ujar Henrik Vang, Chief Executive dari pembuat bir Norrebro Bryghus, seperti dikutip dari Reuters.

Memakai buangan manusia sebagai pupuk dalam skala itu merupakan hal baru, ungkap Agriculture and Food Council Denmark. Ini memunculkan gagasan kehadiran bir hipster paling ramah lingkungan. Mereka pun sudah memberi nama untuk konsepnya sebagai. “beercycling”.

“Jika ini punya sedikit rasa seperti urine, saya tidak akan meminumnya, tapi Anda bahkan tidak menyadari kemunculan rasanya,” sebut Anders Sjogren, yang hadir dalam Roskilde Music Festival tahun 2015.

Sebanyak 50.000 liter urine dikumpulkan dari festival tersebut. Menghasilkan cukup malting barley yang bisa memproduksi 60.000 botol bir Pisner.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga