Barista bukan Hanya soal Kerjaan, tapi Seni

15
Barista
Barista

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Meski terlihat mudah, ternyata menjadi seorang barista atau peracik kopi berbasis espresso, bukanlah perkara gampang. Butuh keahlian khusus meracik kopi-kopi yang melibatkan berbagai campuran dan rasio semacam latte atau cappuccino.

Wandi, salah satu peracik kopi di Komunikafe menganggap, menjadi barista bukan hanya sekedar pekerjaan melainkan sebuah seni. Menurutnya, meracik kopi tidak hanya memperhatikan jenis kopi, namun faktor suhu dan takaran air juga sangat berpengaruh untuk menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat.

Barista
Barista

“Membuat espresso secara manual itu butuh ketelatenan dan keterampilan, jadi barista itu bukan sekedar pembuat kopi di cafe-cafe, lebih dari itu, barista merupakan seniman,” Kata Wandi kepada sulselsatu.com disela¬† kesibukannya.

Wandi menjelaskan, seorang barista tidak hanya lihai meracik kopi, tapi juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang seluruh proses kopi sehingga bisa menyajikan secangkir kopi nikmat yang punya cita rasa khas.

Barista. Foto : Int
Barista. Foto : Int

Karena itu, untuk menjadi seorang barista yang handal latihan demi latihan harus terus dilakukan, bahkan beberapa barista rela mengeluarkan budget lebih untuk mengikuti kelas latihan barista sebelum mendapat predikat sebagai ahli peracik kopi.

“Saya belajar meracik kopi sejak dua tahun lalu, dan belajar otodidak, hitung-hitung¬† bisa dapat resep baru,” ucap alumni Ilmu Komunikasi UIN Alauddin itu sambil tersenyum.

Barista. Foto : Int
Barista. Foto : Int

Mahasiswa Pasca Sarjana Unifa ini menambahkan, popularitas kopi semakin meningkat setiap tahun, mulai dari kopi brand lokal bahkan sudah ada beberapa cafe yang menawarkan kopi dari berbagai negara penghasil kopi terbaik di dunia. hal itu juga membuat gengsi sebagai peracik kopi semakin besar.

“Barista itu seniman yang tahu takaran dan campuran untuk menyajikan espresso dan variasinya. kalau pelanggan pesan cappucino, harus buat cappucino, bukan latte atau varian lain,” kata Pria kelahiran Bulukumba ini.

Penulis : Ramdhan Akbar
Editor : Kink Kr

Rekomendasi Berita

Baca Juga