Keren, Gantungan Tas Ini Bisa Bikin Anda Aman dari Begal

24
Begal, Aksi Begal, Handbag Dyenator

SULSELSATU.com – Aksi begal sudah sering kita temui di Kota Makassar. Bahkan mungkin di antara kita ada yang pernah menjadi korban begal.

Tak sedikit kerugian material yang dialami oleh korban begal. Pelaku biasanya mencoba mengambil tas, ponsel, atau dompet secara paksa.

Pelaku begal pun tak segan-segan melukai korbannya. Tak heran jika terkadang jatuh korban jiwa.

Sialnya, pelaku begal sulit tertangkap saat melakukan aksinya. Mereka biasanya mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, makanya gampang kabur dan tak teridentifikasi.

Namun, saat ini telah hadir sebuah perangkat elektronik yang bisa membantu Anda untuk mengamankan diri dari aksi begal. Perangkat tersebut berupa gantungan tas yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Malaysia bernama Ash Be Nimble.

Perangkat tersebut diberi nama Handbag Dyenator.

Cara kerjanya simpel, pengguna cukup menggantungkan Handbag Dyenator di salah satu bagian tas. Sebelumnya, pengguna harus menghubungkan Handbag Dyenator dengan ponsel dan memasangnya dengan kartu SIM, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dikutip dari KompasTekno, Sabtu (13/5/2017).

Ketika curiga ada yang membuntuti, pengguna bisa memerintahkan Handbag Dyenator untuk mengeluarkan asap berwarna merah via SMS. Dengan begitu, jambret bakal kaget dan diharapkan tak jadi melancarkan aksinya.

Jika si jambret tetap mengambil tas, asap merah akan terus mengikuti dan warnanya menempel pada motor dan baju sang jambret. Polisi atau masyarakat sekitar bisa mengetahui aksi si jambret dan membantu korban.

Sementara itu, pengguna juga bisa memantau di mana tasnya berada via GPS yang terhubung dari Handbag Dyenator ke ponsel. Ini pun akan memudahkan polisi melacak jambret.

Belum jelas kapan Handbag Dyenator akan dirilis secara komersil untuk masyarakat umum.

Editor : Awang Darmawan
Foto : Ash Be Nimble

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Judas Amir Hadiri Paripurna Pokok-pokok Pikiran DPRD Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo, Judas Amir menghadiri rapat...

UNBK di Jeneponto, 4 Siswa Tak Ikut Karena Sudah Menikah

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer atau...

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Makassar Gelar Workshop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Kota...

Baca Juga