Ketahui Berapa Batasan Konsumsi Telur dalam Sehari?

6
Telur
Telur

SULSELSATU.com – Sumber protein yang paling mudah diperoleh yakni dari telur. Telur juga merupakan bahan yang bisa diolah menjadi beragam makanan, seperti omelet, cake, nasi goreng, dan lainnya.

Selain harganya yang terjangkau dan kandungan nutrisi yang tinggi, perlu juga diketahui batasan dalam mengonsumsi telur.

Ahli gizi Keri Gans, penulis buku ‘The Small Change Diet’ berpendapat, dua butir telur sehari sudah cukup untuk menambah asupan protein bagi tubuh.

Namun, Anda harus mewaspadai peningkatan kolesterol jika terlalu sering mengonsumsinya. Pasalnya, telur tinggi asam lemak jenuh.

“Telur merupakan makanan yang sehat, tapi Anda harus memisahkan antara kuning dan putih telur jika memiliki riwayat kolesterol yang tinggi,” ujar dia.

Gans pun mengimbau masyarakat untuk memerhatikan cara penyajian telur. Gunakan minyak zaitun, garam, dan merica, serta tambahkan beberapa irisan sayuran hijau agar lebih sehat.

“Ada nutrisi tertentu dalam kuning telur yang tidak akan Anda temukan jika hanya memilih putih telur. Apalagi, semua vitamin yang larut dalam lemak ditemukan di kuning telur. Jadi, pastikan Anda menyiasatinya dengan campuran bahan makanan lain yang sehat,” ungkap dia.

Intinya, menurut Gans, jumlah telur yang bisa Anda konsumsi tergantung pada jumlah kalori yang masuk dalam sehari. Jika Anda sudah mendapatkan banyak protein dari sumber makanan lain, maka jangan terlalu berlebihan mengonsumsi telur dalam sehari

Foto : Int

Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga