Berbicara di Festival Pendidikan, Quraish Shihab Paparkan Tips Mengasuh Anak

16
Qurais Shihab
Qurais Shihab

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kehadiran Prof. Quraish Shihab bersama dua puterinya, Najwa Shihab dan Najla Shihab berada dalam satu panggung, membincangkan tema “Cita, Cinta dan Canda: Literasi Keluarga”di acara Festival Pendidikan, yang diadakan di Benteng Rotterdam, Makassar, Minggu (14/5/2017).

Ditanya tentang cara mengasuh anak-anaknya, Prof. Quraish Shihab mengatakan dalam mengasuh anak-anaknya ia tidak pernah memaksakan kehendaknya agar anak-anak menjadi seperti apa yang ia inginkan.

“Mendidik itu bukan memaksakan kehendak orang tua, mendidik itu mendorong anak didiknya mengaktualkan potensinya, mengantar anak untuk menemukan kepribadiannya,” katanya.

Lebih lanjut Prof. Quraish mengungkapkan ada tiga hal yang mesti di perhatikan dalam mendidik anak.

“Dalam mendidik anak ada 3 hal yang mesti di perhatikan, yang pertama. Kembangkan potensi sesuai dengan kecenderungannya berdasarkan minatnya. Kedua, Jangan bebeni anak diluar dari batas kemampuannya, dan ketiga, Jangan menghina dan memaki anak dengan panggilan yang jelek karena itu akan membuat anak menjadi frustrasi dan panggilan itu akan menjadi doa,” ungkapnya.

Penulis : Abdul Kadir Jaelani
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga