UNM Gelar Seminar Kebahasaan, Jadikan Bahasa Indonesia Bahasa Nomor 1

10
Seminar Kebahasaan
Seminar Kebahasaan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMAPRODI FBSI) Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar Seminar Kebahasaan Nasional, di gedung Phinisi UNM, Minggu (14/05/2017).

Seminar yang merupakan rangkaian dari Olimpiade Pendidikan ini, mengangkat tema “Membaca Indonesia Melalui Kearifan Budaya dan Keagungan Bahasa” dan menghadirkan narasumber Saut Situmorang penyair dan kritikus sastra Indonesia  dan Aslan Abidin sastrawan sekaligus dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar.

Seminar Kebahasaan
Seminar Kebahasaan

Saenal Masri selaku Ketua Panitia mengatakan, seminar ini bertujuan untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nomor satu di era informasi dan masyarakat yang serba terbuka dan melalui karya sastra dapat melihat kearifan dan kekayaan budaya.

“Sekarang itu penggunaan bahasa Indonesia bukan lagi bahasa nomor satu masyarakat ditengah masuknya Masyarakat Ekonomi  Asean (MEA),” ujar Saenal.

Saenal menambahkan, nilai-nilai kebudayaan dapat kita temukan dalam karya sastra. “Dengan membaca maka secara otomatis kita dapat mengetahui kearifan budayanya, ketika kita mengetahui kearifan budayanya maka otomatis kita mengetahui bahasanya,” pungkasnya.

Penulis : Abdul Kadir Jaelani
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga