Wah, 97% Bawang Putih di Indonesia Ternyata Imporan dari China

10
Syarkawi
Syarkawi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU RI) Syarkawi Rauf, mengatakan jika bawang putih yang beredar di Indonesia itu 97% persen berasal dari China.

” 97% bawang putih yang beredar di indonesia di impor dari China, dari sekitar 480.000 ton bawang putih kebutuhan nasional.” Papar Syarkawi kepada awak media, usai melakukan Sidak di pasar tradisional dan Pasar Ritel, Makassar, Selasa, (16/5/2017).

Lanjutnya, masyarakat tidak usah heran jika banyak ditemui bawang putih impor dipasaran, karena itu adalah sesuatu yang wajar. Karena kata Syarkawi kita memang tidak menghasilkan bawang putih.

“Jadi kalau banyak bawang putih impor yang beredar itu memang harus seperti itu, karena kita tidak menghasilkan bawang putih sendiri, beda bawang merah, itu kita surplus,  jadi tidak perlu impor.” tukasnya.

Pasca Sidak tersebut Syarkawi mengatakan, semua bahan stoknya cukup. Hanya berharap agar tidak ada oknum yang coba memainkan harga. Jika hal tersebut terjadi maka pihaknya tidak segan untuk menindaki tegas oknum tersebut.

“Ini yang tidak kita inginkan kalau ada yang seperti itu kita akan mengambil tindakan tegas buat mereka. Saya kira ada satgas pangan dari polri, ada dari pemda semua siap untuk mengamabil tindakan. sanksinya bisa dalam bentuk pidana bisa dalam bentuk denda persaingan.” Pungkasnya

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga