Anggaran Pilgub Sulsel Capai 470 M, Alokasi Terbesar untuk Honor Petugas dan Pengawas

8
Anggaran Pilgub
Anggaran Pilgub

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Sulsel, mengusulkan anggaran sebesar Rp470 Miliar kepada Pemerintah Provinsi Sulsel untuk pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel yang digelar 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif saat melakukan Rapat Koordinasi dengan Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, di Kantor DPRD Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (16/5/2017).

Menurut Iqbal, dana Rp470 Miliar itu berasal dari anggaran Pemprov dan 24 Kabupaten Kota yang nantinya digunakan untuk membiayai seluruh tahapan pilkada yang dimulai pada bulan Agustus. “Sebanyak Rp127 Miliar lebih berasal dari anggaran provinsi, sisanya dari kabupaten kota,” katanya.

Sebelumnya ungkap Iqbal, KPU mengusulkan anggaran sebesar Rp695 Miliar. Hanya saja angka tersebut berkurang, karena ada 12 kabupaten kota yang juga akan menggelar pilkada.

KPU Sulsel mematok alokasi terbesar untuk honorarium petugas dan pengawas pilkada, yaitu sebesar Rp191 Miliar untuk 80 kelompok kerja se-Sulsel. Sementara untuk alokasi lain masing-masing pemutakhiran data pemilih senilai Rp12 Miliar, kampanye sebesar Rp76,8 Miliar, logistik Rp32,8 Miliar, dan sosialisasi Rp10 Miliar.

“Kami harap anggaran ini bisa dipenuhi semuanya, karena sudah dipatok untuk semua keperluan,” katanya.

Iqbal menambahkan, anggaran pemilihan gubernur kali ini cukup besar, sebab mematok perkiraan tujuh pasangan calon baik dari jalur partai maupun dari jalur Independen.

“Untuk calon dibawah jumlah tersebut, aman. Kemungkinan untuk calon perseorangan juga tidak akan banyak, karena syaratnya cukup rumit dibandingkan pilkada lalu. Apalagi verifikasi syarat dukungan mirip sensus, dicek satu persatu,” pungkasnya.

Foto : Int

Penulis : Ramdhan Akbar
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga