Aturan Panitia SBMPTN: Ketahuan Bawa Kunci Jawaban, Akan Dipidanakan

16
SMA 16
SMA 16

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Informasi yang masuk melalui pesan WhatsApp Sulselsatu.com, bahwa beredar kunci jawaban lewat Handphone peserta ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang di selenggarakan di SMA Negeri 16 Makassar, Selasa (16/5/2017).

Terkait sangsi bagi peserta ujian yang tertangkap tangan mendapatkan kunci jawaban, Ishaq Rahman selaku koordinator Humas panitia lokal SBMPTN Makassar mengatakan, peserta yang ketahuan mendapatkan kunci jawaban akan mendapatkan sangsi yang tegas berupa akan didiskualifikasi dan bahkan akan berurusan dengan pihak kepolisian jika itu dinilai pelanggaran pidana. “Sangsi itu sudah jelas, jika kedapatan akan didiskualifikasi” ujar Ishaq.

Lebih lanjutnya, jika ada panitia penyelenggara dan pengawas SBMPTN ketahuan membocorkan soal ujian dan memberikan kunci jawaban, kata Ishaq, akan mendapatkan sangsi yang tegas berupa pemecatan bahkan akan dipidanakan. “Setiap pelaku pelanggaran SBMPTN itu memang sudah diatur sangsinya, jika dia pengawas atau panitia maka akan dipecat. Instruksi menteri itu tegas, bahkan bisa masuk sebagai pelanggaran pidana dan akan berurusan dengan kepolisian” katanya.

Penulis : Abdul Qadir Jaelani
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga