Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman Hingga Idul Adha

13
Syarkawi
Syarkawi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, pemerintah menjamin ketersediaan pangan di Sulsel aman jelang masuknya bulan Ramadan. Bahkan, stok bahan pokok di Sulsel aman hingga Idul Adha.

“Dari laporan Dinas Perdagangan, semuanya aman. Bahkan, sampai Idul Adha pun masih bisa teratasi,” katanya, usai menggelar sidak bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di sejumlah pasar ritel dan tradisional di Makassar, Selasa (16/5/2017) kemarin.

Agus menjelaskan, pemerintah menjamin ketersediaan beras aman hingga dua tahun ke depan. Sementara untuk daging sapi aman hingga 5 bulan dan ketersediaan daging ayam bertahan hingga 5 bulan lebih.

“Jadi untuk kebutuhan selama Ramadan sampai lebaran bahkan sampai Idul Adha, itu insya Allah terpenuhi,” katanya.

Untuk itu, Agus meminta agar pemerintah daerah terus memantau perkembangan harga di pasar-pasar ritel dan tradisional. Hal itu dibutuhkan untuk memastikan tidak ada oknum yang memainkan harga jelang masuknya bulan Ramadan.

Dari sidak yang dilakukan Agus, harga gula dan minyak di pasar ritel sendiri sudah sesuai dengan ketentuan Kementerian Perdagangan yakni Rp 12.500 per kilogram untuk untuk gula dan Rp 11.000 per liter untuk minyak.

“Hanya saja untuk daging saya minta Pak Walikota untuk terus memantau. Juga para aparat kepolisian, jangan sampai ada yang bermain-main,” tegas Agus.

“Pada prinsipnya, pedagang sudah pasang harga ada yang Rp 80 ribu per kilogram, Bahkan ada yang dibawah, untuk daging beku,” tambahnya.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga