Film di Indonesia Bakal Diawasi

23
Lembaga Sensor Film, Film

SULSELSATU.com – Lembaga Sensor Film bakal memantau seluruh film di Indonesia. Tidak hanya film yang mengandung konten asusila dan pornografi, LSF juga akan menyunting film yang berpotensi memberi dampak negatif terhadap masyarakat, seperti konten radikalisme.

Ketua Lembaga Sensor Film, Ahmad Yani Basuki, mengatakan bahwa produk seni dan budaya kategori sinematografi perlu dipantau mengingat medium yang dijadikan alat untuk mempublikasikannya kian canggih dan banyak. Tidak hanya melalui bioskop dan televisi, tetapi juga karya seni dengan format video yang dibuat dan diunggah melalui media sosial.

LSF, kata Yani, memiliki peran penjaga masyarakat dari penetrasi budaya yang mengandung konten negatif. Harus diakui, film, iklan, atau produk seni yang dipertunjukkan ke khalayak luas berpengaruh kepada masyarakat.

“Termasuk konten-konten radikalisme dalam film juga dalam pantauan LSF,” katanya, seperti dikutip dari Viva.co.id, Rabu (17/5/2017)

Karya dan tema seni, menurut Yani, sudah tidak mengenal batas kewilayahan. Banyak produk film – film panjang maupun pendek – berkonten lokal yang tidak kalah digandrungi masyarakat daripada film-film nasional buatan insan film profesional.

Karena itu, LSF membutuhkan kepanjangan tangan di daerah-daerah guna memaksimalkan fungsi kontrolnya. Sementara ini, baru satu kantor perwakilan daerah dibentuk LSF, yakni LSF perwakilan Jawa Timur.

“LSF Jawa Timur membantu tugas tenaga sensor di Pusat,” kata Yani.

Selain soal sensor, LSF juga berperan penting mendorong peningkatan mutu dan kualitas karya seni dan budaya, khususnya film.

“LSF sebagai alat menjaga masyarakat dan bangsa dari pengaruh negatif film serta mendorong masyarakat untuk jadi lebih baik,” ujar Yani.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Peserta PBI BPJS di Parepare Terancam Dinonaktifkan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Gubernur Sulsel Minta Warga ke TPS dan Tidak Percayai Hoaks

SULSELSATU.com, SOPPENG - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA)...

Baca Juga