Ini Terobosan Baru KPU Gowa Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih

17
Mobil Pintar
Mobil Pintar

SULSELSATU.com, GOWA – Menjelang pemilihan serentak 2018 mendatang, berbagai persiapan dilakukan Komisi Pemilihan Umum baik ditingkat provinsi maupun kabupaten.

Tak terkecuali di Sulawesi Selatan 2018 mendatang, 12 kabupaten/kota plus pemilihan gubernur dan wakil gubernur akan ikut dalam pemilihan serentak jilid ketiga itu.

Merespon agenda besar itu, KPU Kabupaten Gowa melakukan terobosan baru dengan melaunching dua unit mobil pintar atau Oto Car (Oto Cara’de’), sebagai sarana prasarana kegiatan sosialisasi jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 serta Pemilihan Umum dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

“Ini menjadi tugas kita bersama, bukan hanya KPU saja tetapi pemerintah kabupaten dan perangkat lainnya ikut andil dalam mensukseskan pemilukada. Mengingat hubungan¬† antara peran serta masyarakat dalam pemilu sesungguhnya bukan pada saat hari pencoblosan, tetapi dari mulai tahapan pencalonan sampai tahap pemungutan¬† dan penghitungan suara,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat peluncuran dilakukan di halaman kantor KPU Gowa, Kamis (18/5/2017).

Adnan menambahkan, bahwa tingkat keberhasilan dari KPU diukur dari bertambahnya jumlah partisipasi masyarakat dan pemilih pemula. Maka pihaknya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan sosialisasi Perekaman E-KTP, yang sudah bisa dilakukan di kantor Camat se-Kabupaten Gowa. Selain itu, pemerintah akan melengkapi fasilitas guna memberikan edukasi kepada pemilih pemula.

Sementara itu, Ketua KPU Sulsel, Muh Iqbal Latif, menyampaikan apresiasi kepada KPU Gowa karena telah melakukan suatu inovasi yang cukup berarti dengan pengadaan mobil pintar.

“Ini inovasi pertama yang ada di indonesia. Dan inisiatifnya juga dari Kabupaten Gowa sendiri, di mana hal ini mencerminkan bahwa antara KPU dan pemerintah¬† memiliki sinergitas yang baik, dan harus dicontoh dengan kabupaten lain,” puji Iqbal.

Melalui Mobil Pintar ini, diharapkan masyarakat bisa mengecek langsung namanya di DPT (daftar pemilih tetap) pilkada lalu, karena DPT ini yang akan menjadi acuan Pilgub mendatang.

Penulis : Asrul
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga