Begini cara Masyarakat Takalar Rayakan Panen Raya

27
Ritual Budaya Appaddekko
Ritual Budaya Appaddekko

SULSELSATU.com, TAKALAR – Ritual Budaya Appaddekko, atau pesta panen yang digelar di Dusun Sampulungan, Desa sampulungan , Kecamatan Galesong Utara, Takalar, Kamis (18/05/2017) dipadati warga, baik itu warga setempat maupun masyarakat dari luar Galesong.

Ritual pesta adat ini sebagai rasa syukur terhadap melimpahnya hasil panen masyarakat Sampulungan. Ritual ini sudah menjadi agenda tahunan.

Obyek wisata kecil ini diwarnai dengan aksi kekebalan (pannumbulu), dimana para peserta melakukan aksi saling pukul menggunakan balok kayu hingga patah dan saling hantam dengan batu sungai yang besar.

Namun peserta tidak sedikit pun memperlihatkan perasaan sakit. Ritual diawali dengan berdoa bersama, lalu mengitari Makam Lomo (Kepala Adat Desa) yang pertama kali memprakarsai acara Paddekko ini.

Kemudian peserta mendatangi Bungung Barania (Sumur Keberanian) sebagai bekal penyemangat bagi para peserta. Setelah itu mereka mengitari alun-alun desa dimana sudah menjadi titik aksi.

Dalam aksi tersebut sejumlah peserta mengenakan pakaian adat baju bodo bagi para gadis dan pakaian patonra (prajurit) bagi para remaja putra.

Sejumlah pengunjung juga terkadang diikutkan dalam ritual ini. Menguji ketahanan fisik mereka saat dihantam dengan balok kayu dan batu. Tapi tentu mereka yang ikut mencoba bukan sekedar mencoba, melainkan mereka juga sudah dibekali ilmu dan kemampuan yang terlatih. Ketua lembaga adat Lo’mo Sampulungan, Syamsul  Rijal Lengu, mengatakan aksi ini sudah merupakan tradisi turun temurun.

“Ini dilakukan sejak lama, dan dapat menarik kunjungan wisata. Ini juga satu-satunya desa yang menggelar ritual di Galesong,” kata kandidat doktor Universitas Hasanuddin ini, Jumat (19/5/2017).

Sebelum Ritual Appaddekko ini dimulai, para peserta terlebih dahulu meminum air dari Pemangku Adat Desa yang telah diberikan mantra. Usai meminum air, barulah peserta melakukan aksinya. Lebih lanjut disebutkan bahwa atraksi kekebalan ini selain sebagai atraksi budaya, juga bertujuan untuk memberikan semangat kepada warga. Serta menjalin rasa persaudaraan.

Penulis : Asrul
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Judas Amir Hadiri Paripurna Pokok-pokok Pikiran DPRD Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo, Judas Amir menghadiri rapat...

UNBK di Jeneponto, 4 Siswa Tak Ikut Karena Sudah Menikah

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer atau...

Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Makassar Gelar Workshop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Kota...

Baca Juga