Ada IYL di PMI, Bupati Torut tak Ragu Jadi Ketua

4
Bupati Torut
Bupati Torut

SULSELSATU.com, TORAJA UTARA – Bupati Tana Toraja Utara Kalatiku Paembonan, boleh saja menolak pinangan Golkar yang ingin menjadikannya sebagai ketua. Tapi untuk urusan kemanusiaan, tidak ada istilah menghindar.

Setidaknya itu ditunjukkan oleh Kalatiku yang memilih mengabdikan diri sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Toraja Utara periode 2017-2022. Apalagi di bawah kepemimpinan Ichsan Yasin Limpo (IYL) di organisasi kemanusiaan itu, banyak tugas mulia yang manfaatnya sangat terasa.

Ditambah lagi, PMI yang kini banyak diisi oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagai ketua diberbagai daerah, juga tak ada pembatas di dalamnya. Dari politikus, birokrat, pengusaha, aktivis, serta berbagai latar belakang profesi, semua bisa berbaur untuk kerja kemanusiaan.

Karena alasan itu pula, Kalatiku yang baru menjabat di periode pertamanya sebagai bupati di kabupaten termuda di Sulsel ini tak banyak pikir membagi waktunya di PMI. Itu nampak ketika ia bersama sejumlah pengurus baru siap diambil sumpahnya, Selasa (23/05/17) mendatang.

Kepala Dinas Kominfo Toraja Utara, Fitra mengatakan, pelantikan orang nomor satu di kabupaten tujuan wisatawan ini sudah diagendakan. Bahkan, pengambilan sumpah ini bakal melibatkan relawan PMI dan aktivis kemanusiaan.

“Pelantikan ketua PMI (Kalatiku) oleh Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo akan dihadiri oleh para relawan PMI dan aktivis kemanusiaan,” kata Fitra ke Sulselsatu.com melalui rilis, Minggu (21/5/2017).

Selain pelantikan pengurus PMI di tingkat kabupaten, IYL akan menyaksikan pengukuhan pengurus PMI kecamatan se Toraja Utara yang bakal dilakukan setelah Kalatiku dilantik secara resmi nantinya.

Sekadar diketahui, selain Kalatiku, sejumlah kepala daerah maupun pejabat di Sulsel, terlebih dahulu bergabung menjadi ketua dan pengurus PMI. Mereka terpanggil bersama IYL menjalankan misi kemanusiaan dan kebencanaan.

Sebelumnya, Punggawa, sebutan yang dilekatkan untuk Ichsan Yasin Limpo, melantik Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara sebagai ketua PMI Tana Toraja di ruang pola kantor bupati, Kamis (18/5/2017). Di pelantikan ini, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae ikut hadir, sekaligus menyampaikan apresiasinya atas kepeduliaan yang ditunjukkan IYL terhadap kerja-kerja kemanusiaan selama ini.

Ichsan diberbagai kesempatan menuturkan, mengabdikan diri di organisasi kemanusiaan merupakan amanah yang sangat mulia. Sebab selain tujuannya menolong sesama dalam hal kebencanaan dan kemanusiaan, juga bisa berbaur tanpa sekat.

Penulis : Asrul
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga