Gerakan Menuju 100 Smart City Resmi Diluncurkan

3
Makassar menjadi tuan rumah Smart City Summit 2017, sekaligus tempat peluncuran pertama Gerakan 100 Smart City.
Makassar menjadi tuan rumah Smart City Summit 2017, sekaligus tempat peluncuran pertama Gerakan 100 Smart City.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gerakan Menuju 100 Smart City  resmi diluncurkan bertepatan dengan gelaran acara Smart City Summit 2017 di Four Points By Sheraton, Jalan Landak Baru Makassar, Senin (22/5/2017).

Gerakan menuju 100 Smart City ini merupakan gagasan bersama dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kantor Staff Kepresidenan, Para Ahli dari  Akademisi dan Praktisi UI,  ITB, UMN,  IKTII Perbanas dan Citiasia.

Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Diah Indrajati mengungkapkan, gerakan Smart City diharapkan dapat menjadi kota yang ramah bagi warga dan dapat menjadi solusi bagi permasalahan-permasalahan di daerahnya.

“Pernah Bapak Presiden menegur Kemendagri disebabkan sekitar 178 kota yang ada di Indonesia mendapat nilai D dari Kemenpan RI, artinya masih banyak kota yang buruk dalam hal pelayanan publiknya dan belum fokus melakukan pembangunan,” kata Diah.

Sementara itu Wali Kota Makassar, Mohd Ramdhan Pomanto, dalam sambutannya memperkenalkan suatu konsep yang telah mendampingi Smart City yakni, konsep Sombere’ dan Smart City.

“Dunia saat ini telah mengalami perubahan, ciri dari perubahan tersebut adalah kecepatan. Masalah pun datang begitu cepat. Nah, saat ini bagaimana kita sebagai pemerintah daerah menemukan solusi dari suatu masalah sebelum masalah itu datang,” tutur Danny.

“Olehnya itu, kami di Makassar menerapkan konsep Sombere dan Smart City. Kami tambahkan kata Sombere’ sebab menurut kami, smart city hanya dapat diwujudkan jika pemerintah mengetahui secara langsung permasalahan-permasalahan masyarakatnya,” lanjutnya.

Kegiatan Smart City Summit 2017 “Gerakan 100 Smart City” akan berlangsung selama 2 hari yakni, Senin (22/5/2017) hingga Selasa (23/5/2017). Dilaksanakan bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

video

Baca Juga