Makassar Jadi Tonggak Awal Gerakan 100 Smart City

5
Smart City, Kota Makassar, Gerakan 100 Smart City

MAKASSAR, SULSELSATU.com – Kota Makassar menjadi tonggak awal Gerakan Menuju 100 Smart City. Hal tersebut ditandai dengan peluncuran Gerakan 100 Smart City pada ajang Smart City Summit 2017 di Four Points by Sheraton Hotel, Makassar, Senin (22/5/2017).

Selain Makassar, 24 kabupaten/kota lainnya juga masuk dalam tahap pertama pelaksanaan Gerakan Menuju 100 Smart City ini. Daerah tersebut antara lain, Kota Semarang, Kabupaten Sleman, Kota Singkawang, Kota Bogor, Kota Tomohon, Kabupaten Badung, Kabupaten Siak, Kabupaten Mimika, Kabupaten Gresik.

Selanjutnya, Kota Jambi, Kabupaten Sidoarjo, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kota Sukabumi, Kota Samarinda, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Tangerang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Banyuwangi.

Seluruh daerah terpilih didasarkan pada sejumlah faktor diantaranya, dimensi pembangunan sektor unggulan, dimensi pembangunan pemerataan dan wilayah serta Nawa Cita.

Kesiapan visi, regulasi, sumber daya manusia, serta potensi tiap daerah juga menjadi tolak ukur dalam memilih ke-25 daerah tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Informasi dan Komunikasi, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, untuk memberikan pelayanan baik ke masyarakat, harus ada kota yang cerdas, pemanfaatan sumber daya manusia yang cerdas, dan sistem angkutan kota yang dirancang untuk lebih meningkatkan keamanan.

“Seluruh 25 kota/kabupaten yang masuk dalam Gerakan Menuju 100 Smart City akan mendapat pendampingan para akademisi dan praktisi UI, ITB, UMN, perbanas, Citiasa, dan berbagai institusi lainnya,” terang dia.

Selain itu, sebanyak 21 anggota tim assesment bakal mendampingi ke-25 kabupaten/kota yang terpilih dalam membuat master plan atau perencanaan pembangunan untuk mewujudkan 100 Smart City.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga