Kopi Toraja “Sirenden” Target Tembus Pasar Nasional

95
Kopi Toraja

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kopi merupakan minuman yang nikmat dan terkenal sejak jaman dahulu kala. Awalnya, minuman kopi dibuat dengan cara konvesional, yaitu dengan menyeduhkan air panas ke dalam kopi.

Namun dalam perkembangannya, kopi dibuat dengan menggunakan coffee maker (mesin pembuat kopi) yang bisa menghasilkan berbagai macam cita rasa jenis kopi, seperti espresso, cappuccino, dan lainnya.

Salah satu kopi yang juga memiliki cita rasa tersendiri, yakni kopi Sirenden. Kopi Sirenden mengambil dari biji kopi asli Kabupaten Tana Toraja yang terkenal dengan kualitas rasa dan aroma yang sangat nikmat.

“Kopi ini bisa memiliki aroma yang beda dengan kopi lainnya,” kata Nelwan Beno, owner Sirenden Coffee, saat ditemui di Juct Coffee, di Jalan Pettarani, Makassar, Selasa (23/5/2017).

Kopi Sirenden berasal dari biji kopi Arabika dan Robusta yang diambil dari ketinggian pegunungan di Toraja. Proses pengolahan yang dilakukan secara manual membuat cita rasanya semakin kuat dan nikmat.

“Kopi Sirenden saat ini tengah menjadi pilihan baru dan menjadi buruan penikmat kopi,” ujar Nelwan.

Nelwan menceritakan, kopi Sirenden ini mulai diproduksi sejak fenomena merebaknya para penikmat dan pecinta kopi di tanah air. Setelah lima bulan dirintis, kopi ini berhasil menarik minat para pecinta kopi.

Ia pun menargetkan, kopi Sirenden ini bisa menembus pasar nasional, bahkan internasional.

“Sekarang permintaan sudah ada dari beberapa kota besar di Indonesia. Seperti, Jawa Timur, Kalimantan bahkan daerah maluku cukup banyak. Kami berharap kopi ini kelak bisa menembus pasar nasional,” katanya.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga