Tolak Pembubaran, HTI Siapkan 1000 Pengacara

6

SULSELSATU.com – Rencana pemerintah membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), membuat pengurus HTI bersiap melawan rencana pemerintah tersebut. Organisasi kemasyarakatan berbadan hukum perkumpulan itu mengatakan telah menyiapkan sedikitnya seribu pengacara untuk membela HTI.

“Tim 1.000 tersebar dari daerah,” kata Sekretaris Umum HTI Ismail Yusanto, seperti yang dikutip dari Tempo. co.

Menurut Ismail, tim tersebut akan bertugas mencermati dan menilai apa yang akan dilakukan oleh pemerintah. “Tim akan melihat untuk memberikan pendapat dan pembelaan hukum yang perlu kami ambil,” ujarnya.

Selain untuk menghadapi rencana pencabutan status badan hukum, kata Ismail, pengacara diperlukan untuk mencermati berbagai dampak yang dialami anggota HTI sejak pemerintah mengumumkan pembubaran. Dia mencontohkan, belakangan ini intimidasi dialami oleh sejumlah anggota, termasuk larangan berceramah di sejumlah masjid di daerah.

Menurut Ismail, tindakan tersebut tidak pantas dilakukan lantaran hingga kini belum ada keputusan hukum yang secara resmi membubarkan HTI. “Sejauh ini kan baru akan rencana,” kata dia.

Kementerian Hukum dan HAM lewat Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum mengesahkan HTI sebagai badan hukum perkumpulan sejak Juli 2014.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengumumkan pembubaran HTI pada 8 Mei lalu. Kala itu, Wiranto menyebut HTI bertentangan dengan ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 karena mengusung konsep khilafah.

HTI juga dinilai tak memberikan kontribusi positif bagi negara sebagai organisasi kemasyarakatan.

Sumber : Tempo. Co
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga