Perjuangkan Warga Pulau, Alasan Sampara Sarif Terjun ke Politik

67
Sampara Sarif

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lahir dan besar di Pulau Kodingareng, Makassar menjadikan Sampara Sarif memiliki rasa keprihatinan tinggi terhadap kehidupan masyarakat yang jauh berbeda dengan warga yang bermukim di daratan.

Ketua Komisi D DPRD Makassar itu menceritakannya saat dikunjungi Sulselsatu.com di ruang kerjanya belum lama ini.

Sampara mengatakan bahwa awal mulanya terjun ke dunia politik karena ingin mengangkat taraf hidup masyarakat pulau sehingga setara dengan masyarakat yang ada di perkotaan.

“Saya lahir dan besar di Pulau Kodingareng, Saya melihat masyarakat yang ada di Pulau itu sangat tertinggal dari berbagai hal, misalnya infrastruktur dan beberapa hal lainnya,” cerita Sampara.

Lebih jauh Sampara menjelaskan bahwa atas dasar itulah dirinya memutuskan untuk bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk memperjuangkan kesetaraan pembangunan untuk masyarakat pulau.

“Sebelumnya saya di Partai Golkar lalu hijrah ke PPP. Namun, saat gabung di PPP tidak langsung nyaleg tapi berproses dulu,” kata pria yang akrab disapa Haji Chank oleh masyarakat Pulau Kodingareng ini.

Lalu setelah berproses di partai berlambang Kakbah itu, dirinya memutuskan untuk maju sebagai calon legislatif dari PPP Dapil Makassar 2 meliputi Kecamatan Bontoala, Wajo, Tallo, dan Ujung Tanah.

Meski dengan modal keberanian dan kerja ikhlas, niat tulus Haji Chank memperjuangkan hak-hak masyarakat pulau di parlemen bisa terealisasi dengan terpilihnya dia sebagai anggota DPRD Makassar periode 2014-2019.

“Saya terpilih sebagai anggota dewan tidak bermodalkan uang, ini murni suara warga Pulau yang menginginkan perubahan,” kata pendiri SMA Citra Bangsa Kodingareng, Makassar ini.

Singkat cerita, Haji Chank terpilih dan telah duduk sebagai anggota DPRD Makassar kurang lebih dua tahun lebih setidaknya perubahan di Pulau Kodingareng mulai kelihatan.

“Alhamdulillah setelah saya terpilih dan dulunya belum ada SMP sekarang sudah ada yang membuat anak-anak di pulau tidak perlu ke Makassar lagi,” tambahnya.

Politisi PPP ini pun akan terus memperjuangkan kesenjangan-kesenjangan yang ada di pulau selama di DPRD sampai 2019 mendatang.

“Tentunya kami berharap masyarakat yang saya wakili bisa memberikan dukungan dan support di sisa waktu dua tahun lagi,” ujar Haji Chank.

Terakhir, pria yang hobi mendengarkan musik ini berpesan kepada masyakat yang ada di pulau untuk mengutamakan pendidikan bagi putra putri mereka agar masa depannya bisa lebih cerah.

“Saya kira dengan pendidikan maka pola pikir akan berubah yang muaranya meningkatkan kualitas hidup dan akan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya,” kata putra sulung dari tiga bersaudara itu.

Profil

Nama lengkap : H Sampara Sarif
Nama Panggilan : H Chank
Hobi : Dengar Musik
Istri : Hj Rismawati Mahfud
Anak : 1. Nurfatika Nanda Sarif; 2. Muhammad Wildan; 3. Muhammad Hatta
Tempat/Tanggal Lahir : Makassar, 2 Maret 1966
Tokoh Idola : Muh Hatta (Wapres RI ke 2)
Pendidikan : 1. SDN Kodingareng
2. SMPN 1 Makassar
3. SMAN 3 Makassar
4. S-1 Fakultas Hukum UMI
5. S-2 Fakultas Hukum UMI

Penulis : Asrul
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Nurdin Amir Terpilih Ketua AJI Makassar, Ini Pesan Direktur PerDIK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur Pergerakan Difabel Indonesia Untuk Kesetaraan...

Troy Optimis NasDem Dapat Dua Kursi di Dapil Bulukumba dan Sinjai

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pertarungan perebutan kursi DPRD Sulsel di...

Rapat Umum Perdana, Surya Paloh Dorong Semangat Persatuan

SULSELSATU.com - Partai NasDem mendorong kepada seluruh kader dan simpatisannya...

Baca Juga