Puasa Tunda Penuaan Dini

11
Puasa, Kebiasaan Berpuasa, Puasa untuk Hidup Sehat

SULSELSATU.com – Beragam cara dilakukan oleh banyak orang untuk tetap awet muda. Mulai dari mengkonsumsi produk minuman dan obat-obatan hingga menggunakan alat kecantikan.

Namun, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dicoba untuk mulai digalakkan agar tetap awet muda. Meski tentu menjadi tua itu merupakan hal yang pasti. Salah satunya adalah berpuasa.

Hasil penelitian terbaru mengenai panjang umur menunjukkan, mengurangi asupan kalori harian sampai 25 persen bisa memotong “usia biologis” sampai poin koma 6 setiap tahun.

Bukan hanya itu, hasil studi tersebut juga menyimpulkan bahwa berpuasa sebenarnya membantu kita terhindar dari penyakit kronik, misalnya kolesterol buruk, hipertensi, atau diabetes.

“Penuaan biologis berjalan perlahan-lahan dan kemunduran pada sistem tubuh bisa terjadi progresif. Bila kita bisa mengintervensi penuaan ini, mungkin kita bisa mencegah atau menunda penyakit-penyakit yang terkait dengan usia,” kata Dr.Daniel Belsky, yang melakukan penelitian ini seperti dikutip dari Menshealth.com.

Dalam penelitian Belsky memang tidak disebutkan mengapa pengurangan kalori bisa memperlampat penuaan, tetapi studi sebelumnya menyebut bahwa pembelahan sel dan kematian sel bisa dicegah saat tubuh kekurangan energi. Dengan demikian, proses inflamasi pun lebih sedikit.

Yang harus dipahami adalah cara sehat membatasi kalori. Rata-rata orang dewasa setiap hari membutuhkan kalori sekitar 1.800 – 2000 kalori untuk laki-laki dan 1.200 – 1.500 kalori untuk wanita.

Memotong 25 persen dari kebutuhan tersebut mungkin terkesan berat, tetapi bisa disiasati dengan memilih asupan kalori yang lebih sehat namun memberi rasa kenyang lebih lama.

Cara paling sederhana adalah mengganti semua kalori cair (minuman manis atau bersoda) dengan air putih. Tukar daging sapi dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, kurangi porsi nasi perlahan-lahan sampai akhirnya hanya tinggal separuh dari yang biasa dimakan.

Walau berpuasa disebutkan memiliki manfaat yang baik, tetapi tetap harus diperhatikan pilihan makanan saat berbuka dan sahur. Bila ingin mendapat manfaat sehatnya, batasi asupan lemak jenuh, misalnya santan, gorengan, daging merah, serta yang berkadar gula tinggi.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga