Sulit Capai Target, Baznas Gencar Sosialisasi Zakat

4
You Yatsir Tonung, kepala bagian pengumpulan zakat Baznas Kota Makassar
You Yatsir Tonung, kepala bagian pengumpulan zakat Baznas Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kewajiban zakat membuat target pengumpulan zakat dari Badan Zakat Nasional (Baznas) tidak pernah mencapai target.

Seperti yang terjadi pada Baznas Kota Makassar, jumlah pengumpulan zakat yang ditargetkan Kementerian Agama di tahun 2016 Rp4 miliar, namun Baznas hanya bisa mengumpulkan Rp3,5 miliar. Sementara untuk tahun 2017 ini jumlah yang ditargetkan bertambah dua kali lipat dari target 2016 yakni sebesar Rp8,6 miliar.

“Tahun ini kami memang gencar sosialisasi, apalagi tahun lalu jumlah pengumpulan zakat kami tidak sesuai yang ditargetkan kemenag,” kata Kepala Bagian Pengumpulan Zakat Baznas Kota Makassar, You Yatsir Tonung kepada Sulselsatu.Com, Rabu (24/5/2017).

Olehnya itu, lanjut You, salah satu upaya yang dilakukan Basnaz Makassar dalam mencapai target pengumpulan zakat adalah menjalin kerjasama dengan Badan Koordinasi Muballigh Nasional (Bakomopin).

“Melalui kerjasama dengan Bakomopin di bawah koordinasi Kemenag, kami meminta setiap muballigh yang turun ceramah ke mesjid-mesjid untuk membantu mensosialisasikan ke masyarakat agar membayar zakat. Baik zakat fitrah maupun zakat mal ,” tuturnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga